Fantastis, BTS Sumbang Rp65,4 Triliun untuk Perekonomian Korea Selatan

BTS.
Sumber :
  • Allkpop

VIVA – Dampak kesuksesan boyband fenomenal BTS terhadap perekonomian Korea Selatan ternyata sungguh luar biasa. Dilansir dari Allkpop, Senin, 10 Juni 2019, laporan SBS News mengungkap bahwa BTS diperkirakan menyumbang Rp65,4 triliun untuk perekonomian Korea Selatan.

So Sweet, Jin BTS Diberi Kejutan Manis oleh ARMY Jelang Ulang Tahun

Seperti yang telah diketahui, pasar Korea Selatan di seluruh dunia tengah berkembang pesat dan melihat keuntungan besar dari para penggemar idol asal Negeri Ginseng. Bukan hanya dari pembelian barang-barang yang berhubungan dengan K-pop, namun juga produk makanan Korea Selatan.

Hal ini menyebabkan semakin banyaknya orang yang ingin berkunjung ke Korea Selatan.

Keseruan Ayu Ting Ting dan Bilqis Nonton Konser BTS di Amerika

April 2018 lalu, selama Super Concert di mana BTS turut berpartisipasi, lebih dari 10 ribu penggemar internasional K-pop berbondong-bondong datang ke Gwangju dan mengunjungi berbagai tempat wisata. Diperkirakan lebih dari 800 ribu wisatawan datang ke Korea Selatan setiap tahunnya karena kecintaan mereka pada  BTS.

Tidak hanya itu, restoran-restoran yang biasa dikunjungi BTS juga telah menjadi destinasi wisata populer.

Daftar Lengkap Pemenang Asia Artists Awards 2021, BTS Menang Daesang

Laporan menunjukkan, kepopuleran BTS telah mendatangkan devisa lebih dari Rp65,4 triliun untuk Korea Selatan. Termasuk laba yang didapat dari ekspor merchandise BTS. Fantastis, bukan?

BTS menjadi duta kampanye UNICEF sejak tahun 2017. Sumber: Website resmi UNICEF

Pengaruh Positif Fandom Idol BTS dalam Kegiatan Sosial

Budaya fandom K-pop berdampak positif pada aktivisme sosial dan politik. Mereka juga memiliki pengaruh kuat pada perubahan sosial.

img_title
VIVA.co.id
30 Januari 2023