Siap Digelar November, Konferensi Musik Nasional Kuatkan Musik Daerah

sorot musik dpr musisi indonesia
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

VIVA – Konferensi Musik Nasional (KAMI) pertama telah di gelar di Ambon pada 7 hingga 9 Maret 2018 lalu,  mengangkat tema 'Raya Nada untuk Indonesia’. Konferensi itu dihadiri berbagai lapisan musisi hingga orang-orang yang bergerak di industri itu. 

Yuk Liburan di Rumah Sambil Nikmati Tampilan Band Indie

Pada konferensi itu dirumuskan 12 poin yang mencakup beberapa aspek diantaranya musik daerah, kesejahteraan musikus, kesejahteraan gender,  pendidikan, ekonomi kreatif, tata kelola,  dan lainnya. 

Konferensi kedua pun akan digelar pada November ini, 12 poin itu pun akan kembali dibahas untuk mengerucutkan menjadi tiga poin saja. 

Pesan Bastian Steel di Hari Sumpah Pemuda

"Melanjutkan dari 12 poin hasil kami yang pertama yang akhirnya mengerucut menjadi tiga poin hasil usulan presiden. Kami ingin bicara tentang infrastruktur, pendidikan, dan tata kelola industri musik sendiri di KAMI dan ini akhirnya nyambung dengan semangat tadi. Intinya harus kolektif gak bisa berjalan sendiri-sendiri," kata Glenn Fredly di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan, Senin, 24 Juni 2019.

Selain itu pembahasan mengenai Ambon yang akan menjadi kota musik dunia akan menjadi salah satu poin penting dalam konferensi kedua. 

Jubir Jelaskan Maksud Pernyataan Wapres soal K-Pop Jadi Inspirasi

"Salah satu yang mau kita highlight juga bagaimana kelanjutan Ambon menjadi kota musik dunia itu kan juga jadi sebuah inisiatif negara,” ujarnya.

Konferensi yang akan digelar di Bandung ini juga akan menghadirkan berbagai narasumber yang berhubungan dengan perkembangan musik nasional. 

"Yang jelas tema besar November ini akan melibatkan begitu banyak narasumber-narasumber yang berhubungan dengan konteks perkembangan musik global dan nasional itu sendiri," katanya. 

Pelibatan seluruh pihak ini diharapkan dapat menjadi salah satu pemantik semangat dalam membenahi ekosistem musik Indonesia. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya