Go International, Kelompok Paduan Suara Ini Boyong 8 Penghargaan

PSM Voca Erudita UNS
Sumber :
  • PSM Voca Erudita UNS

VIVA – Indonesia kembali menorehkan sejarah. Lewat Paduan Suara Mahasiswa (PMS) Voca Erudita Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, nama Indonesia dikenal dunia internasional.

Paduan Suara Gerejawi Digelar di DIY, Disiplin Prokes Ketat Diterapkan

Kelompok paduan suara tersebut, kembali menorehkan prestasi dan mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional dengan menyabet delapan penghargaan dari dua kompetisi Paduan Suara Internasional bergengsi yang digelar di Italia, yaitu 58th Seghizzi International Choral Singing Competition di Gorizia pada 19-22 Juli 2019, dan 8th International Choir and Orchestra Festival di Florence pada 24-26 Juli 2019.

PSM UNS Voca Erudita yang dibina oleh Prof. Dr. Ir. Susy Susmartini MSIE, dipandu oleh dua konduktor, Redi Sabtono S.Sn dan Ardian Dika Adhyatma S.Sn, serta diperkuat oleh 34 penyanyi ini memulai kompetisi pertama di 58th Seghizzi International Choral Singing Competition. Ini adalah salah satu kompetisi paduan suara internasional tertua dan bergengsi di Eropa yang diselenggarakan di kota Gorizia, Italia.

Video Viral Paduan Suara di Istiqlal, Begini Penjelasan Wagub DKI

Lewat rilis yang diterima VIVA diinformasikan bahwa, tim paduan suara yang tampil di ajang tersebut adalah tim-tim yang telah lolos berbagai tahap audisi dan PSM UNS Voca Erudita terpilih menjadi satu-satunya perwakilan dari Indonesia yang berkesempatan menunjukkan kemampuannya di mata dunia dengan bersaing ketat bersama 12 tim paduan suara lainnya yang berasal dari 10 negara berbeda.

Pada kompetisi ini, PSM UNS Voca Erudita mengikuti dua kategori lagu, yakni kategori 1D “Historical Period since 1911 to the present day” dan kategori 2A “Folk and traditional songs”. Voca Erudita berhasil terpilih sebagai salah satu dari enam tim paduan suara yang lolos ke Babak Grand Prix dan bersaing dengan lima paduan suara terpilih lainnya yang berasal dari Austria-Lithuania, Kanada, Filipina, Jepang, dan Ukraina.

Keren, Paduan Suara Gita Bahana Nusantara Tampil Virtual di HUT RI

Pada ajang ini, Voca Erudita berhasil menyabet empat penghargaan yaitu 4th Place of category 1D “Historical Period since 1911 to the present day”, 3rd Place of category 2A “Folk and traditional songs”, Prize Choreography and Costumes, dan 4th Place of 31st Grand Prix Seghizzi.

Raih Prestasi Gemilang di 8th International Choir and Orchestra Festival, Bawa Indonesia di Posisi Terhormat antar Bangsa Perjalanan PSM Voca Erudita UNS berlanjut pada kompetisi kedua, yaitu 8th International Choir and Orchestra Festival yang merupakan kompetisi paduan suara dan orkestra yang diadakan di jantung kota Florence, Italia. Pada kompetisi ini, Voca Erudita mengikuti kategori A “Mixed Choir Adults” dan kategori M “Modern and Contemporary Music”.

Dengan tim yang sama yang telah dipilih melalui sistem audisi, PSM Voca Erudita UNS kembali menjadi satu-satunya perwakilan dari Indonesia di kompetisi ini dan melawan 14 peserta dari enam negara berbeda.

Keseriusan PSM UNS Voca Erudita dalam menyuguhkan penampilan terbaik pada kompetisi kedua ini pun membuahkan hasil gemilang. PSM UNS Voca Erudita berhasil menyabet 4 penghargaan yaitu 1st Place of Category A “Mixed Choir Adults”, 1st Place of Category M “Modern and Contemporary Music”, The Best Performance of Italian Composers Work “Vezzosi Augelli by Luca Marenzio” dan berhasil mendapatkan The Golden David sebagai penanda Grand Champion of 8th International Choir and Orchestra Festival.
 
Mengenai penghargaan The Golden David, Muhammad Hazim Fauzi, selaku ketua PSM UNS Voca Erudita menjelaskan bahwa penghargaan tersebut diberikan sebagai pengakuan atas sajian PSM UNS Voca Erudita sebagai kelompok Paduan Suara yang memiliki suguhan penampilan terbaik khususnya dalam menginterpretasikan lagu yang dibawakan dalam setiap kategori, sekaligus dipilih sebagai peserta terbaik dalam ajang 8th International Choir and Orchestra Festival.

Menjalankan Misi Budaya di Sela Rangkaian Kompetisi

Di sela rangkaian kegiatan di Italia, PSM Voca Erudita UNS juga memanfaatkan kesempatan perjalanan berkompetisinya untuk kian memperkenalkan budaya Indonesia kepada masyarakat Italia melalui rangkaian konser misi budaya yang digelar di kota Mossa dan beberapa gereja di kota Florence, Italia.

Tampil atraktif berkat dukungan koreografi arahan koreografer Paulus Krisna Wisnumurti, penampilan PSM UNS Voca Erudita berhasil memukau masyarakat Italia berkat sajian lagu-lagu daerah dalam kategori folklore dan saat konser misi budaya. PSM Voca Erudita UNS berharap dapat dikenal oleh masyarakat lebih luas dan menginspirasi para pemuda Indonesia agar terus menjunjung nasionalisme dan mengukir prestasi di manapun berada. (rna)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya