Cerita Rieka Roslan, Tenar jadi Penyanyi Zaman Dulu Enggak Gampang

Rieka Roslan
Sumber :
  • Instagram Rieka Roslan

VIVA – Perjalanan karier penyanyi juga penulis lagu Rieka Roslan ternyata tidak semulus yang dibayangkan. Meski beberapa lagunya kini telah banyak dikenal oleh penikmat musik seperti Cobalah Untuk Setia dan Izinkan Aku Menyayangimu.

5 Wanita Menghadirkan Harmoni dan Damai dalam Lagu Terbaru, Damai

Rieka mengaku jika awal kariernya ia pernah ditolak oleh tujuh label musik saat menawarkan lagu Dahulu. Bahkan ia diminta untuk menyanyikan lagu yang bukan miliknya.

"Di masa saya dulu bikin Dahulu, all label nolak saya. Sebelum saya bergabung dengan The Groove, saya sudah menawarkan Dahulu itu ke tujuh label di Indonesia. Dan ditolak. Saya diharuskan untuk menyanyikan lagu milik bang Rinto, bang Pance, tapi saya bilang saya datang ke Jakarta, ingin menyanyikan lagu yang saya tulis. Jadi kalau ditolak saya pulang saja," kata Rieka di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Jumat, 27 September 2019.

Rieka Roslan Buat Somasi Terbuka, Larang The Groove Nyanyikan Lagu Ciptaannya

Akhirnya ia membuat The Groove bersama dengan Reza di Lead Vokal, Arie Firman di Bass, Ari di Guitar, Tanto di Keyboard, Ali di Piano, Rejos di Perkusi, dan Detta di Drum.

"Akhirnya saya mikir, bikinlah sama Yuke yang sekarang di Dewa bikin band dan akhirnya menemukan Ali, Reza dan segala macam. Jadi saya sudah terbiasa hidup ditolak," katanya.

Lewat Kupu Menanti, Shanty Kembali

Untuk mempopulerkan lagunya sendiri, Rieka mengaku harus rajin untuk bermain di pensi agar lagunya bisa dikenal luas banyak orang.

"Saya habis-habisan, saya dulu harus rajin main di Pensi, sampai semua orang hafal baru label mencari. Jadi menurut saya hidup itu harus terus naik levelnya, dan saya yakin pers, radio, tv, akan mendukung musik-musik yang keren. Jangan seperti saat ini, kita didikte sama pasar, kita harus membalikan kembali, kita mendikte pasar untuk menjadikan Indonesia lebih keren," kata Rieka Roslan.

Asosiasi Komposer Seluruh Indonesia (AKSI) temui Kepala Staf Presiden, Moeldoko

Temui Moeldoko, Piyu Bersama Rieka Roslan hingga Anji Bahas Transparansi Royalti

Piyu yang merupakan Ketua AKSI menyebut pihaknya telah melakukan somasi sebanyak 2 kali kepada Lembaga Manajemen Kolektif Nasional (LMKN) pada Juli dan Agustus 2023 lalu.

img_title
VIVA.co.id
29 Desember 2023