Sempat Diprotes, BTS Disambut Bak Raja di Arab Siap Konser Perdana

BTS.
Sumber :
  • Allkpop

VIVA – BTS akhirnya tiba di Riyadh, Arab Saudi pada Kamis, 10 Oktober 2019. BTS akan menggelar konser di Arab untuk pertama kalinya di King Fahd International Stadium pada 11 Oktober 2019.

Pengaruh Positif Fandom Idol BTS dalam Kegiatan Sosial

BTS disambuk bak raja saat tiba di Arab Saudi. Sejumlah fans mengunggah momen kedatangan BTS sejak di bandara. Pengawalannya ketat, bahkan yang lebih menarik, kota Riyadh berubah menjadi ungu, warna khas BTS.

Jalan-jalan utama dan gedung-gedung tinggi di Riyadh menyalakan lampu ungu menyambut kedatangan BTS. #BTSinRiyadh dan tagar-tagar serupa meramaikan jagat Twitter dan memperlihatkan antusiasme Army, fans BTS, di Arab Saudi yang begitu menggebu-gebu.

So Sweet, Jin BTS Diberi Kejutan Manis oleh ARMY Jelang Ulang Tahun

BTS akhirnya siap konser lagi setelah lima pekan berisitirahat. Meski begitu, perjalanan BTS menuju konser Arab Saudi tak terlalu mulus. Ada protes yang menyertainya.

Sejumlah pihak menganggap, BTS dan Arab Saudi punya visi yang kontradiktif dalam urusan hak-hak kemanusiaan. Arab Saudi merupakan negara yang melarang LGBT dan belakangan jadi sorotan karena kasus pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi. 

Keseruan Ayu Ting Ting dan Bilqis Nonton Konser BTS di Amerika

Sementara BTS, secara terbuka mengampanyekan untuk berani bersuara, termasuk mendukung LGBT. Leader boyband ini, RM, mencuit apresiasinya untuk lagu Macklemore dan Ryan Lewis, Same Love, yang merayakan hubungan sesama jenis. Halsey, artis yang pernah berkolaborasi dengan BTS, juga merupakan artis Amerika yang secara terbuka mengaku sebagai biseksual.

BTS dalam wawancaranya dengan The Hollywood Reporter pun mengatakan bahwa konser di Arab Saudi memang tak mudah. RM yang bernama asli Kim Nam Joon ini mengatakan, mereka diundang langsung oleh Putra Mahkota Mohammed bin Salman.

"Aku tak bilang ini mudah, tapi kami diundang secara resmi. Sudah lama sejak terakhir kami tampil di Timur Tengah," ujar RM.

Park Jimin, member BTS lain menambahkan, mereka akan mendatangi semua tempat yang meminta mereka datang dan Arab Saudi adalah bagian dari itu. Jin juga mengatakan hal serupa dalam wawancara lain dengan Rolling Stone.

"Jika ada tempat di mana orang-orang ingin melihat kami, kami akan pergi kesana. Itu yang kami rasakan," seru Park Ji Min.

"Kami akan bertemu dengan fans kami di Timur Tengah, termasuk Arab Saudi, untuk pertama kalinya. BTS selalu ingin bertemu dengan semua fans di seluruh dunia dan konser di Arab Saudi juga bagian dari itu. Kami hanya akan pergi ke sana dan berusaha menampilkan yang terbaik," tambah Jin.

Konser BTS memang salah salah satu cara MbS mewujudkan Vision 2030 di mana Arab Saudi diharapkan tak lagi terlalu bergantung pada minyak dan menampilkan wajah yang lebih modern. Sebelum BTS, Mariah Carey juga pernah tampil perdana di negeri tersebut. Sementara Nicki Minaj yang sempat diundang, membatalkan konsernya, karena merasa negara tersebut tak sejalan dengan dukungannya terhadap hak-hak wanita dan komunitas LGBT.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya