Logo BBC

Sulli dan Keberaniannya Mendobrak Dunia K-Pop

Sulli, yang bernama asli Choi Jin-ri, memasuki dunia hiburan Korsel pada 2005 saat masih berusia 11 tahun. - Getty Images
Sulli, yang bernama asli Choi Jin-ri, memasuki dunia hiburan Korsel pada 2005 saat masih berusia 11 tahun. - Getty Images
Sumber :
  • bbc

Dalam industri musik K-pop yang mendorong para penyanyinya untuk bungkam di luar panggung, Sulli adalah seorang pemberontak.

Aktris tersebut mulai meroket namanya sebagai anggota girl band f(x). Namun, belakangan namanya dikenal sebagai perempuan yang vokal dalam hal kesehatan jiwa, perundungan siber, hak-hak perempuan, topik-topik yang masih sensitif dalam masyarakat konservatif seperti Korea Selatan.

Sulli tutup usia di rumahnya, pada Senin (14/10) lalu.

Perempuan berumur 25 tahun itu dikenang oleh para fansnya sebagai seseorang yang selalu memastikan bahwa suaranya didengar.

Sebagaimana dijelaskan seorang kritikus musik: "Dia tertawa ketika ingin tertawa dan menangis ketika ingin menangis. Dia bicara blak-blakan. Dia tidak klop dengan cetakan (yang dibuat industri K-pop)."

Dari magang menjadi bintang pop

Sulli, yang bernama asli Choi Jin-ri, memasuki dunia hiburan Korsel pada 2005 saat masih berusia 11 tahun.

Dia mengikuti audisi SM Entertainment, salah satu perusahaan hiburan terbesar Korsel. Mereka menerimanya sebagai artis magang, posisi yang diidamkan banyak orang.