Kalahkan EXO, BTS Menangkan Kategori Top 10 di MMA 2019

BTS di MMA 2019
Sumber :
  • Streaming Youtube

VIVA – Salah satu ajang musik tahunan bergengsi Korea Selatan, Melon Music Awards (MMA) 2019 berlangsung hari ini Sabtu ini 30 November 2019 di Gocheok Sky Dome, Seoul, Korea.  

Suho EXO Kembali Rilis Album Solo Bulan Depan

Pada ajang ini, BTS terpilih menjadi pemenang dari kategori Top 10 mengalahkan 9 peserta terpilih lain yaitu Chunga, BLO4, Chungha, EXO, Heize, Jang Beom June, MAMAMOO, M.C the MAX hingga Taeyeon SNSD.

Sebelumnya BTS masuk dalam daftar Top 10 beserta artis lain, kemudian kembali diikutsertakan dalam voting pada kategori Artist of the Year MMA 2019, yang berlangsung hari ini di Korea.

Bukti Rekaman Terungkap, Pelecehahan Seksual Kris Wu Hanya Tipuan?

Pemenang Top 10 yang dilihat berdasarkan dua aspek, yakni 80 persen dari hasil download dan streaming dari karya-karyanya serta 20 persen dari hasil voting. 

Dilansir Soompi, mereka yang masuk nominasi Top 10 juga berdasarkan beberapa kriteria, salah satunya musisi yang merilis karya pada periode 1 Desember 2018 hingga 13 November 2019. Voting pemilihan pemenang penghargaan MMA kategori Top 10 telah dilaksanakan kurang lebih selama sepekan yakni pada 30 Oktober hingga 13 November 2019. 

Tao Eks EXO Digosipkan Pacaran sama Aktris China Xu Yiyang

Voting tersebut dilakukan dengan menggunakan akun resmi Melon. MMA merupakan ajang penghargaan musik tahunan yang digelar pertama kali pada tahun 2009 untuk memberikan apresiasi kepada para musisi Korea. 

Selain Top 10 dan Artist of the Year, MMA 2019 juga sederet kategori lainnya, mulai dari Album of the Year, Song of the Year, Rookie of the Year, Hot Trend Award, Netizen Popularity Award, dan masih banyak lagi.

BTS menjadi duta kampanye UNICEF sejak tahun 2017. Sumber: Website resmi UNICEF

Pengaruh Positif Fandom Idol BTS dalam Kegiatan Sosial

Budaya fandom K-pop berdampak positif pada aktivisme sosial dan politik. Mereka juga memiliki pengaruh kuat pada perubahan sosial.

img_title
VIVA.co.id
30 Januari 2023