BTS Raih Daesang di Golden Disc ke-34, Skornya Nyaris Sempurna

BTS.
Sumber :
  • Koreaboo

VIVA – Golden Disc Awards ke-34 yang digelar pada Sabtu, 4 Januari 2020 di Gocheok Sky Dome, Seoul, Korea Selatan mengumumkan pemenang dari kategori digital. Dalam ajang itu, grup K-Pop asuhan Big Hit Entertaiment, BTS kembali menorehkan prestasi. 

Emma Stone Dedikasikan Penghargaan dari Golden Globe Awards untuk Suaminya

Lagu BTS dari album Map of Persona, yakni Boy With Luv terpilih sebagai Lagu Digital of the Year (Daesang) tahun ini. BTS menerima skor nyaris sempurna 97,7 dari 100. Mereka berhasil membawa pulang hadiah utama untuk hari pertama Golden Disc Awards 2020.  

Sebanyak 25 dari 50 ahli di panel tahun ini menulis Boy with Luv sebagai jawaban mereka untuk pertanyaan siapa yang harus memenangkan Lagu Digital of the Year tahun ini. Kritikus musik dan anggota Komite Eksekutif Golden Disc Awards Im Jin Mo mengatakan, BTS adalah ikon tahun 2019. 

Gibran Rakabuming dan Selvi Ananda Kompak Nonton GDA 2024, Suka K-Pop?

"Berdasarkan tinjauan komprehensif atas prestasi dan dampak musik mereka, mereka layak menerima Daesang digital," kata dia, seperti dilansir dari laman Soompi

Sumber dari salah satu tiga besar distributor musik di Korea Selatan pun setuju. "Tanpa ragu-ragu, pemenang Daesang tahun ini adalah BTS," ujar dia.

Siapakah Pi Cheolin? Rapper yang Debut Bareng SEVENTEEN BSS di Golden Disc Awards 2024

Di sisi lain, pihak penyelenggara Golden Disc Awards ke-34 menjelaskan soal proses pemilihan pemenang tahun ini. Untuk pemilihan pemenang berdasarkan pada lagu yang dirilis antara Oktober 2018 hingga Oktober 2019 yang memenuhi syarat untuk penghargaan digital tahun ini. 

Golden Disc Awards juga mengumpulkan data penjualan dan penggunaan dari Gaon Chart hingga Desember. Setelah itu, pemenang ditentukan berdasarkan data penggunaan lagu (60 persen) dan evaluasi oleh panel ahli (40 persen). Panel ahli 50 persen terdiri dari enam anggota Komite Eksekutif Golden Disc Awards (yang terdiri dari pakar industri musik termasuk kritikus dan distributor), 10 sutradara penghasil pertunjukan musik (PD), empat kritikus musik, dan 30 wartawan pop-culture.  

Jumlah ahli di panel bertambah 20 tahun ini untuk menambah variasi suara yang lebih luas dan mencapai penilaian yang lebih objektif.  Selain itu, mengingat ketidakpercayaan baru-baru ini pada grafik musik digital, bobot pendapat panel ahli dalam memilih pemenang penghargaan tahun ini meningkat sebesar 10 persen.

Grup idola BTS

Pemenang lainnya

Selain, BTS idol yang menerima skor tertinggi berikutnya dalam ajang Golden Disc Awards ke-34, yakni Paul Kim. Dia memenangkan Bonsang (Penghargaan Utama) untuk lagu hitsnya berjudul Me After You. Lagu tersebut berhasil mendapat skor 77,7 dan satu suara dari pertanyaan pendek jawaban panel ahli Daesang. 

Mengikuti Paul Kim, skor tertinggi berikutnya jatuh ke AKMU dengan lagu hitsnya berjudul How Can I Love the Heartbreak, You the One I Love, yang menorehkan 70,34 poin. Sebanyak 13 ahli menyebutkan AKMU sebagai pilihan mereka untuk Daesang tahun ini.

Artis lain yang menerima penghargaan untuk Daesang tahun ini termasuk Chungha (3 suara); Taeyeon ITZY, Jannabi, dan Girls' Generation (masing-masing 2 suara); serta TWICE (1 suara).

Sedangkan idol grup ITZY dan TXT berhasil memenangkan Rookie of the Year. Untuk penghargaan ini juga dihitung menggunakan penjualan lagu dan album (60 persen) dan evaluasi panel ahli (40 persen).  

Panelis harus memilih dua tim dari daftar nominasi, dan ITZY menerima suara terbanyak dengan 47 suara, sedangkan TXT menerima 28 suara. Sebagai hasilnya, ITZY mencetak 67,6 poin, sementara TXT mencatat 32,79 poin, dan kedua grup tersebut membawa pulang penghargaan Rookie of the Year.

X1 dan IZ * ONE, yang sebelumnya termasuk dalam daftar nominasi tahun ini dikeluarkan dari putaran pertama dan kedua evaluasi Komite Eksekutif setelah beberapa anggota staf Mnet didakwa melakukan kecurangan dalam program ajang pencarian bakat "Produce X 101" dan "Produce 48".

“Para nominasi dipilih berdasarkan peringkat dari penilaian kuantitatif. Namun, kami memutuskan bahwa dalam situasi di mana staf produksi dari seri 'Produce' diadili setelah didakwa atas penuntutan, itu tidak benar untuk menilai tim yang dibentuk secara tidak sah sebagai nominasi, jadi X1 dan IZ *ONE  dikecualikan dari daftar," ungkap Komite Eksekutif Golden Disc. 

Sementara itu, pada hari kedua gelaran Golden Disc Awards ke-34 dihelat hari ini, Minggu, 5 Januari 2020. Hari kedua ajang ini akan memberikan penghargaan untuk perilisan album fisik. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya