Para Musisi ini Kumpulkan Donasi Rp 9 Miliar

Konser #dirumahaja
Sumber :
  • Ist

VIVA – Para musisi bergerak untuk membantu sesama. Mereka melakukan gerakan Konser #dirumahaja. Acara tersebut digelar sejak Rabu, 25 Maret sampai sabtu 28 Maret 2020. Mereka yang terlibat antara lain, TAndmesh, Anji, Armand Maulana, Fourtwnty, Hivi, Judika, Ridho Hafiedz & Kaka, Eva Celia, Tulus, Rossa, Afgan, Vidi Aldiano, Gamaliel, Hindia, Ariel Noah, Yura Yunita, Kunto Aji, Barasuara, Raisa, Ardhito Pramono, Rendy Pandugo, Petra Sihombing, Ari Lasso, Iwan Fals, Trio Lestari dan Didi Kempot. Ada dua komika yang menghibur yakni Pandji Pragiwaksono dan Bintang Emon.

Sempat Ditunda Saranghaeyo Indonesia 2024 Siap Digelar Mei, Ada DAY 6 - Chen EXO

Nadiem Makarim, Erick Thohir, dan Jusuf Kalla juga turut berpartisipasi. Najwa Shihab selau Co ounder Narasi selaku penggagas mengumpulkan donasi tersebut melalui Kitabisa.

"Ini adalah rangkaian Konser Musik #dirumahaja mulai tanggal 25-28 Maret 2020, suatu kolaborasi bersama untuk penggalangan dana membantu penanganan Corona. Sejumlah musisi live perform dari rumah masing-masing secara bergantian, sembari mengajak penonton untuk ikut berdonasi," kata Najwa pada keterangan pers.

Gokil, Penonton Rela Trabas Sawah Warga Demi Nonton Konser NDX AKA di Magelang

Donasi mengalami peningkatan yang signifikan pada hari terakhir. Saat Tulus membuka konser, donasi sudah terkumpul Rp 4,3 miliar. Didi Kempot menutup rangkaian konser tersebut dan dana yang mereka kumpulkan pada malam itu menjadi Rp 9 Miliar. Penggalangan dana masih dibuka sampai Selasa, 14 April 2020.

Baca juga: Hiburan di Tengah Wabah Corona, Musisi Indonesia Gelar Konser Online?

Malaysia Detects Over 6000 Coronavirus Cases in a Week

Total dana yang terkumpul hingga Minggu, 29 Maret 2020 pukul 13.00 telah mencapai lebih dari Rp 10 miliar dari total 79.879 donatur.Seluruh biaya produksi konser dan seluruh musisi yang terlibat sepenuhnya berkontribusi secara pro bono, sehingga 100 persen donasi yang terhimpun dari konser ini dapat disalurkan pada kelompok yang paling rentan, terutama tenaga medis dan masyarakat kecil yang terpaksa harus terus bekerja di luar rumah. Donasi akan didistribusikan kepada program-program yang sudah dijalankan oleh sejumlah lembaga dan dikurasi bersama Kitabisa.

“Ada 5 program (#BisaMakan, #BisaSteril, #Sembako14Hari, #RantangHati dan #Belajardirumah) yang mau kita lakukan, mudah-mudahan semuanya bermanfaat. Donasi yang masuk ini, 9 miliar rupiah ini, mudah-mudahan bisa berlipat ganda. Mari terus berdonasi kawan-kawan, banyak sekali yang perlu kita kerjakan barengan," kata Najwa.

Gerakan sosial #dirumahaja digagas oleh Narasi. Melalui gerakan sosial ini, Narasi berharap setiap orang bisa memiliki kesadaran diri, turut memperlambat penyebaran virus, menerapkan social distancing, dan bekerja dari rumah sehingga bisa menekan peningkatan infeksi baru dan membuat kurva penyebaran virus Corona bisa kian melandai.

"Waktunya saling menguatkan sambil saling menghibur. Karena hari-hari ini, soliter adalah solidaritas," ucap Najwa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya