Gara-gara Drakor, Rossa Rilis Lagu Hati yang Kau Sakiti Versi Korea

Rossa.
Sumber :
  • Instagram @itsrossa910

VIVA – Lagu Rossa yang berjudul Hati yang Kau Sakiti, sudah dirilis sejak 2009 silam. Meski sudah 11 tahun berlalu, lagu ciptaan Enda Ungu tersebut masih melekat di hati para penggemarnya hingga sekarang.

Hal Ini Buat Rossa Disangka Segera Nikah

Terbukti, lagu tersebut hingga kini masih laris manis dijadikan soundtrack sinetron di salah satu stasiun televisi swasta. Belum lagi, lagu Hati yang Kau Sakiti juga ramai di-cover pengguna YouTube, dibuat meme, hingga bertengger di aplikasi TikTok.

Baca Juga: Aksi Kece Rossa dan Gamaliel Meriahkan Disney+ Hotstar Grandfest

Felicya Angelista Ajak Dinda Hauw dan Rey Mbayang Tebar Kebaikan di Bulan Ramadhan

Melihat antusiasme masyarakat terhadap lagu tersebut, ditambah kecintaan diva 41 tahun itu terhadap apa pun yang berbau Korea, Ocha, sapaan akrab Rossa, merilis lagu Hati yang Kau Sakiti dalam bahasa Korea, berjudul Sangcheo Badeun Maeum.

Berawal dari kecintaannya menonton drama Korea, Rossa iseng menghubungi sahabatnya yang tinggal di Korea Selatan. Dari situlah, awal Rossa belajar bahasa Korea hingga ada seorang teman yang membantunya mengubah lirik lagu Hati yang Kau Sakiti ke dalam bahasa Korea.

Afgan Syahreza Blak-blakan Cerita Soal Asmara, Udah Punya Pasangan?

"Saya menelepon sahabat saya yang tinggal di Korea, namanya Vita. Dia juga yang mengajarkan saya bahasa Korea, sedikit demi sedikit. Dan Vita juga mengajak sahabatnya, Marsha. Dan Marsha inilah yang mengubah lirik lagu Hati yang Kau Sakiti menjadi Sangcheo Badeun Maeum," ujarnya saat virtual press conference, Jumat, 14 Agustus 2020.

Rossa mengaku, tidak mudah membawakan lagu dalam bahasa Korea. Mengingat cara bernyanyi dan pelafalannya sangat berbeda. Tapi, dia berusaha sebaik mungkin agar penyebutannya tetap benar.

"Saat rekaman juga saya dibantu sama Rasasi, sama waktu itu dibantu untuk menjaga pronunciation-nya, supaya benar. Meskipun saya yakin orang juga akan maklum karena saya bukan orang Korea. Tapi, saya ingin menjaga setiap kata-kata yang saya ucapkan itu setidaknya saya berusaha sebaik mungkin, supaya itu terdengarnya betul secara bahasa Korea," lanjut Rossa.

Mantan istri Yoyo Padi itu pun bercerita, awalnya hanya iseng merekam lagu Sangcheo Badeun Maeum. Sambil bersantai di rumah dan direkam di depan TV, Rossa tidak menyangka lagunya tersebut viral setelah diunggah di YouTube pada Mei 2020 lalu.

"Jujur, waktu pas awalnya saya ngerekam lagu Sangcheo Badeun Maeum ini hanya di depan TV di rumah, sambil duduk-dudukan, rebahan. Tiba-tiba ada di YouTube, kita upload dan ternyata jadi viral. Sampai saat ini ada lebih dari 2 juta orang yang sudah menonton," kata dia.

Sejak saat itu, Rossa merasa memiliki tanggung jawab untuk membuat lagu tersebut menjadi lebih bagus lagi. Terlebih, sudah banyak orang yang meng-cover lagunya, termasuk para YouTuber Korea.

"Jadi, wah saya takut. Akhirnya saya dibuatkan musiknya oleh Ari Aru, tetap menggunakan lirik yang dibuatkan oleh Marsha dan akhirnya kita rekaman lagu ini," tutup Rossa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya