Album Baru Kotak, Simbol Kematangan Selama 16 Tahun

Band Kotak.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Grup band Kotak akhirnya secara resmi merilis album musik terbaru mereka, berjudul Identitas, pada hari ini, 25 September 2020.Ini adalah album ketujuh Kotak di katalog Warner Music Indonesia.

Jelang Pemilu 14 Februari, Enam Truk Kotak Suara Dikirim ke Pelalawan Riau

Identitas dirilis sebagai simbol kematangan Kotak selama 16 tahun berkarya. Kotak telah mencapai usia yang tidak lagi muda bagi sebuah band. 16 tahun menjadi salah satu faktor penegasan identitas dari Kotak.

Baca Juga: Melly Mono Gantikan Tantri Jadi Vokalis Band Kotak

Kronologi Tantri Kotak Ketinggalan Pesawat di Bali, Perjalanan 10 Menit Jadi 1 Jam

Kedewasaan dan kematangan dalam berkarya, merupakan poin identitas di album ini.

Untuk mengetahui warna asli musikalitas Kotak, album ini akan dapat memberikan jawaban terjujur tentang siapa itu Kotak.

Macet Parah Jelang Tahun Baru di Bali, Tantri Kotak Jadi Korban Ketinggalan Pesawat

Pada saat konferensi pers secara virtual, vokalis Kotak, Tantri mengungkapkan rasa bahagia karena akhirnya album Identitas ini resmi dirilis. Menurut Tantri, perlu perjalanan yang panjang hingga album Identitas ini bisa dirilis.

Happy banget ya Allah. Alhamdulillah, akhirnya setelah perjalanan panjang ya, bunting, keluar, cuti berulang kali, akhirnya keluar albumnya. Senang banget. Proses pengerjaan albumnya juga cukup lama ya. Bukan yang cepat,” kata Tantri, Jumat, 25 September 2020.

Selain Tantri, gitaris Kotak, Cella juga mengungkapkan perasaan bahagianya. Cella menjelaskan bahwa album Identitas ini sudah digarap sejak dua tahun yang lalu, sekitar bulan November 2018.

“Alhamdulillah album ini kan kita garap 2 tahun yang lalu. Pastinya itu kalau enggak salah sekitar November 2018,” kata Cella.

Kemudian, dari sepuluh lagu yang tersedia di album Identitas, lagu berjudul Di Atas Cinta terpilih menjadi andalan untuk album ini. Lagu Di Atas Cinta ditulis oleh Tantri sebagai refleksi kehidupannya kini selaku orangtua bagi anaknya.

Tantri mengaku bahwa lagu Di Atas Cinta berlatar belakang perjuangan orangtua membesarkannya ketika kecil, dan bagaimana dia melihat dirinya kini menjadi orangtua. Dalam prosesnya, Tantri juga mengakui kalau lagu ini sangat sentimental, sehingga dia sempat menitikkan air mata ketika menulisnya.

Sebelum Di Atas Cinta terpilih sebagai single andalan, Kotak secara bertahap merilis lagu-lagu seperti lagu berjudul Hoax, Manusia Manusiawi (feat. Cak Nun) dan Teman Palsu, untuk album Identitas.

Lebih lanjut, proses rekaman album Identitas ini sangat istimewa, karena untuk pertama kalinya Kotak tidak melibatkan campur tangan kreatif pihak ketiga seperti produser dan pencipta lagu. Semuanya dilakukan sendiri. Identitas banyak direkam di Yogyakarta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya