Bertahta Raja Dangdut, Rhoma Irama Koleksi Segudang Penghargaan

Raja dangdut Rhoma Irama bersama Soneta beraksi saat tampil pada hari kedua Synchronize Fest 2018 di Gambir Expo, Kemayoran, Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Zarqoni Maksum

VIVA – Rhoma Irama mulai berkarier di dunia musik saat usianya masih 11 tahun. Kemudian, Rhoma berhasil mencapai puncak popularitas bersama dengan grup musiknya yakni Soneta, yang dibentuk pada tahun 1970. 

Kapolres dan Raja Dangdut Rhoma Irama Gelar Jumat Curhat di Polres Depok, Ada Apa?

Bersama Soneta, Rhoma telah merilis banyak album musik yang berhasil mencetak kesuksesan di pasaran. Rhoma berhasil membuat musik dangdut terkenal di Indonesia dan dikenal dunia. 

Selain terkenal sebagai seorang penyanyi, pria kelahiran Tasikmalaya, Jawa Barat itu juga dikenal sebagai seorang aktor yang telah membintangi puluhan judul film.

Ceramahnya Dituding Sindir Rhoma Irama, Ini Klarifikasi Umi Laila

Rhoma Irama juga diketahui telah berhasil mendapat banyak penghargaan selama berkarier di dunia hiburan Tanah Air. Dihimpun dari berbagai sumber, di bawah ini VIVA telah merangkum beberapa penghargaan yang telah diraih oleh sang Raja Dangdut tersebut.

Baca juga: Catat, Ini Lirik Lagu Baru Rhoma Irama: Dosa yang Menghantui

Ungkap Kisah Masa Lalu, Inul Daratista Nyaris Pingsan Dimarahi Rhoma Irama

Pada tahun 1971, Rhoma menjadi juara 1 dalam lomba menyanyi tingkat ASEAN di Singapura. Lalu pada dekade 70-an, Rhoma tercatat berhasil mendapat penghargaan puluhan Pilingan Emas atau yang disebut Golden Record atas kesuksesan penjualan kaset-kaset musiknya.

Pada bulan Agustus tahun 1985, majalah Asia Week edisi XVI, menempatkan Rhoma Irama sebagai Raja Musik Asia Tenggara, setelah memuat liputan pertunjukan Soneta di Kuala Lumpur, Malaysia.

Lalu kemudian, pada tahun 1992, Rhoma Irama mendapat pengakuan dari dunia musik Amerika, saat majalah Entertainment edisi Februari tahun tersebut, mencantumkan Rhoma Irama sebagai The Indonesian Rocker.

Pada tanggal 16 November 2007, Rhoma Irama menerima penghargaan sebagai The South East Asia Superstar Legend di Singapura.

Rhoma Irama juga tercatat pernah mendapatkan penghargaan Lifetime Arhievement Awards dari beberapa acara penghargaan seperti Anugerah Musik Indonesia dan Indonesian Dangdut Awards.

Tidak berhenti sampai di situ, Rhoma Irama juga mendapat penghargaan khusus atas dedikasinya di dunia perfilman, dalam acara Indonesian Movie Actors Awards 2020.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya