SEHA: A Rise of Nature, Angkat Kegelisahan Masyarakat Lokal

Kelompok Bellacoustic Indonesia
Sumber :
  • VIVA.co.id/Wahyu Firmansyah

VIVA – Galeri Indonesia Kaya kembali menghadirkan hiburan untuk para penikmat seni secara virtual. Sabtu, 31 Oktober 2020 melalui Program Ruang Kreatif: Seni Pertunjukan menampilkan pertunjukan musik dan koreografi yang indah. 

Holding RS BUMN 'Pede' BIH Bakal Dorong Perekonomian Lokal di Bali

Pentas Daring Ruang Kreatif menghadirkan pementasan berjudul SEHA: A Rise of Nature yang ditampilkan oleh kelompok Bellacoustic Indonesia pada pukul 15.00 di website www.indonesiakaya.com serta akun YouTube Indonesiakaya. 

Pertunjukan yang diberi nama SEHA: A Rise of Nature dan dimentori oleh Restu Kusumaningrum ini merupakan sebuah sajian karya musikal yang mengangkat tentang kegelisahan masyarakat lokal dari tahun 2015 dan 2019.

Serial Musikal Payung Fantasi Siap Dirilis, Terinspirasi dari Kisah dan Karya Ismail Marzuki

Baca juga: Viral, Es Teh Seharga Rp98 Ribu Bikin Warganet Tercengang

Stigma yang tersebar dimana saat membuka lahan masyarakat lokal melakukan pembakaran lahan yang justru dibenarkan selama beberapa tahun. 

Cari Bakat Baru, Audisi Online Mentjari Bang Maing & Djoewita Dimulai

Pertunjukkan musik, koreografi serta multimedia ini sebagai bentuk pengharapan agar kearifan lokal bisa kembali memperlakukan dan menempatkan alam dengan baik. 

Dimana keserakahan dan ketamakan yang sudah lama merusak bumi dari segala sisi membuat sang bumi hanya dapat meratap dan pasrah dengan sesekali memberikan tanda tetapi hampir tidak ada manusia yang merasa akan tanda-tanda tersebut. 

Pentas musik ini dilakukan oleh Bellacoustic Indonesia yang merupakan sebuah grup yang berasal dari Palangka Raya, Kalimantan Tengah. Grup yang mengusung genre Folk-Ethnic ini mampu membawa warna baru dalam kancah musik di Kalimantan Tengah.

Grup ini berawal dari keinginan untuk mengembangkan, mempertahankan serta memperkenalkan musik tradisional Kalimantan Tengah, Bellacoustic mencoba untuk mengeksplor ragam musik tradisional Kalimantan Tengah dengan alat musik barat. 

Salah satu yang menjadi titik berat Bellacoustic adalah, memperkenalkan alat musik petik asli dari Kalimantan Tengah, yaitu Kacapi.

Penampilan Bellacoustic ini didukung dengan dekorasi, tata panggung dan kostum yang khas dengan kebudayaan Kalimantan Tengah, alunan musik dan koreografi yang indah, serta kata-kata dan multimedia yang menarik.

Kelompok Bellacoustic Indonesia ingin menjelaskan bagaimana para peladang menjaga alam yang diciptakan oleh yang Maha Kuasa, hingga prosesi penanaman dan ucapan rasa syukur atas segala yang diterima. 

Perpaduan antara alat musik tradisional dan juga modern seperti garantung, kangkanung, kecapi, rebab, suling, djimbe, waterstick, karinding, gitar, bass dan drum sangat kental dalam pertunjukan ini. 

Selain menyaksikan penampilan kelompok Bellacoustic Indonesia, para penikmat seni juga diajak untuk menyaksikan karya Komunitas Seni Samar yang berasal dari Kudus, Jawa Tengah.

Komunitas yang para anggotanya berasal dari beragam latar belakang ini, akan menampilkan teater tari berjudul RANANGGANA yang dapat disaksikan pada Minggu, 1 November 2020 pukul 15.00 di website www.indonesiakaya.com serta akun YouTube Indonesiakaya. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya