Baru Juga Debut, Girlband Korea STAYC Dituduh Lakukan Plagiarisme

STAYC.
Sumber :
  • Soompi

VIVA – Girlband Korea, STAYC yang baru debut pada 12 November 2020 lalu dengan lagu So Bad dituduh melakukan plagiarisme. Video musik lagu tersebut dituduh menjiplak video musik Midnight Sky milik Miley Cyrus.

Cegah Plagiarisme dengan HAKI

Terkait tuduhan tersebut, perusahaan produksi Rigend Film yang menggarap video musik So Bad milik STAYC pun telah mengeluarkan pernyataan resmi.

Baca Juga: BTS Borong 4 Piala, Ini Daftar Pemenang People's Choice Awards 2020

Presiden Resmi Mengundurkan Diri Gara-gara Ujaran Kebencian ke Yahudi

Dilansir dari laman Soompi, Selasa, 17 November 2020, mereka mengatakan bahwa Rigend Film bertanggung jawab untuk mengawasi video musik itu dan bertanggung jawab penuh atas perencanaan, produksi, unsur seni dan aspek lainnya. Mereka pun mengaku malu dengan adanya masalah plagiarisme ini.

"Alhasil, kami jadi malu dan tidak bisa menyembunyikan rasa kesal kami atas tuduhan plagiarisme tersebut. Kami tidak memiliki niat untuk membenarkan adegan tersebut dengan menyebutnya kesalahpahaman sebagai penghormatan,” ucap mereka.

Girlband Secret Number Ingin Kolaborasi dengan Tiara Andini

Untuk semua properti, seperti bola disko, confetti, material background silver foil dan pepohonan digunakan melalui keputusan bersama setelah berdiskusi dengan sutradara selama fase perencanaan produksi.

"Kami ingin memperjelas bahwa tidak ada niat untuk menjiplak adegan yang dibuat karena penempatan di lokasi," tambah mereka.

Mereka juga menambahkan bahwa banyak properti yang tercantum di atas adalah properti yang sering digunakan Rigend Film dengan cara yang berbeda saat memproduksi video musik.

"Namun, kami mengakui dan setuju bahwa kombinasi alat peraga seni ini dan pemandangan yang diciptakan menjadi kontroversial. Kami secara pribadi telah meminta maaf kepada mereka yang tidak nyaman dengan kontroversi ini, termasuk High Up Entertainment, STAYC, dan semua anggota staf terkait," kata mereka.

"Kami juga ingin meminta maaf kepada penggemar dan publik karena mengonfirmasi detail terkait seni dan visual selama tahap produksi tanpa penelitian yang sesuai. Kami memohon maaf," ujar mereka menambahkan

Pihak Rigend Film pun berjanji ke depannya akan bekerja lebih keras lagi untuk menghadirkan konten video yang menyenangkan dan kreatif kepada para penggemar dan publik.

"Sekali lagi kami mohon maaf," tutup mereka.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya