Erwin Gutawa Raih Anugerah Kebudayaan dari Kemendikbud

Aksi Chrisye Live by Erwin Gutawa di Java Jazz Festival 2020
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – Musisi Erwin Gutawa mendapatkan Anugerah Kebudayaan dalam kategori Pencipta, Pelopor & Pembaru dalam keahliannya sebagai Komponis/Konduktor. Erwin Gutawa merupakan musisi yang sudah puluhan tahun memberikan sumbangsihnya dalam  bidang musik di Indonesia.

Konser Musik Sebagai Magnet Wisata, Evaluasi Hasil Diskusi PWI dan Kemendikbud

Orkestranya selalu membawakan lagu-lagu Indonesia dengan berbagai genre musik, pop, klasik, rock bahkan bernuansa  musik tradisi, seperti konsep Symphonesia (Simfoni Indonesia), Ethnochestra (Etnik Orkestra), Rockestra (Rock Orkestra), Musikal Laskar Pelangi (drama musikal bernuansa Sumatera), Bawi Lamus (pertunjukkan seni Kalimantan), ARIAH (eksplorasi kesenian Betawi), dan konser-konser besar lainnya.

“Alhamdulilah, Apa yang saya kerjakan selama ini di dunia musik mendapat apresiasi  dari pemerintah. Semoga Indonesia maju di segala Bidang,” kata Erwin Gutawa yang bersyukur atas penganugerahan ini.

BRIN Diminta Koordinasi dengan Kemendikbud soal Pemasangan Catra Borobudur

Erwin juga mempelopori Konser Penyanyi Tunggal Indonesia seperti Chrisye, KD, Rossa, Afgan dan lainnya. Hal ini dilakukannya untuk membuktikan bahwa kualitas /standar musik Indonesia tidak kalah dengan konser-konser dari luar negeri.

Tak lupa proyek idealis Erwin Gutawa untuk membina anak-anak berbakat Indonesia ‘Diatas Rata-Rata’ yang dilakukannya dengan maksud membuat regenerasi sekaligus memperlihatkan kehebatan anak Indonesia baik di dalam maupun di luar negeri.

Dana Indonesiana Bantu Seniman Akses Pendanaan di Luar Perbankan

Bahkan di saat pandemi ini, Erwin diketahui masih kreatif dan produktif membuat banyak konser virtual yang melibatkan musisi dan penyanyi agar tetap dapat berkreasi dari rumah.

Anugerah Kebudayaan ini merupakan sebuah program apresiasi dari pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang diberikan bagi tokoh yang terbukti berintegritasi tinggi melakukan upaya pelestarian dan pengembangan kebudayaan Indonesia. Diberikan kepada yang telah berperan aktif dan berdampak dalam pelestarian Kebudayaan Indonesia. 

Pada tahun 2020 ini, penerima Anugerah  Kebudayaan Indonesia ini sebanyak 33 orang. Penyerahan penghargaan diserahkan pada hari Sabtu, 5 Desember 2020, oleh Judi Wahjudin (Direktur Pembinaan Tenaga & Lembaga Kebudayaan)

“Program apresiasi ini sebagai salah satu cara menginternalisasikan nilai budaya, diharapkan dapat membangun kesadaran masyarakat sekaligus meningkatkan motivasi generasi muda untuk lebih peduli terhadap pengembangan kebudayaan Indonesia,” kata Judi. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya