Cover Artist Kini Bisa Masuk Platform Streaming Secara Legal

Ilustrasi mendengarkan musik.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA – Selama ini, cover artist atau penyanyi yang menyanyikan lagu-lagu milik penyanyi lain sering bermasalah terkait izin dan hak cipta. Namun, jalan mereka untuk membawakan lagu cover secara legal kini telah semakin terbuka.

Lakoni Peran Aksara di Film May Flies, Dion Wiyoko Terharu

Salah satu caranya adalah dengan bekerja sama dengan platform streaming musik. Seperti Resso yang baru saja menggandeng tiga cover artist agar dapat membawakan lagu cover secara legal.

Ada pun tiga cover artist tersebut ialah Jebung alias Jessica Bungauli, Willy Angga Winata dan Tami Aulia. Masing-masing dari mereka akan membawakan lagu cover yang berbeda-beda. Klik halaman selanjutnya untuk membaca berita lengkapnya.

Tak Sempat Nonton ke Bioskop? Film Barbie hingga The Meg 2 Resmi Tayang di Platform Streaming

"Jessica Bunga dengan Asraf Jamal, mereka meng-cover lagu Kopi Dangdut, untuk Tami Aulia ada Bukan Salah Jodoh dan Angga Winata meng-cover Biarlah Semua Berlalu. Itu semua local artist. Mereka adalah musisi cover artist yang kita ajak kolaborasi," ujar Head of Music and Content Resso, Christo Putra dalam virtual conference, Kamis, 17 Desember 2020.

"Jadi kita kerja sama dengan label tersebut, terus kita mencari cover artist untuk membawakan lagu secara legal dan kita promosikan di Resso dan TikTok," sambungnya.

Resmi Tayang, Losmen Melati The Series Raih Urutan Satu Penonton Terbanyak

Ia menambahkan, pihaknya memang memiliki komitmen untuk menyediakan wadah bagi musisi lokal dan cover artist agar bisa terus berkarya dan berkembang melalui platform digital. Baca artikel ini sampai habis untuk mengetahui informasi lainnya.

"Cover artist banyak banget sekarang. Yang tadinya sekadar cover artist, sekarang kualitasnya sangat bagus, tapi belum ada platform yang pick up mereka untuk meng-highlight mereka. Dan kita mencoba kerja sama dengan TikTok untuk meng-highlight tiga cover artist tersebut," terang Christo.

Sebagai informasi, Resso merupakan platform streaming musik sosial. Tak hanya bisa mendengarkan musik, pengguna juga dapat meninggalkan komentar di kolom komen yang tersedia.

Laporan: Firda Junita

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya