Nyanyikan Lagu Cinta Kita, Inka Christie Mimpikan Nike Ardilla

Nike Ardilla
Sumber :

VIVA – Nama Nike Ardilla sudah tak diragukan lagi tahtanya sebagai salah satu musisi legendaris Tanah Air dengan koleksi karya 7 album yang pernah dihasilkan. Berkarier sejak usia muda, sejumlah lagu seperti Cinta Kita, Seberkas Cahaya hingga Bintang Kehidupan sukses membesarkan namanya. 

Dorong Ekspor UMKM, Bea Cukai Jalin Kolaborasi dengan Pemerintah Daerah

Namun pada 19 Maret 1995, Nike mengalami kecelakaan mobil di Bandung dan meninggal dunia di usia 20 tahun. Pada 27 Desember kemarin, pihak label yang menanungi alamrhum Nike Ardilla merilis single Cinta Kita, kolaborasi antara Nike Ardilla dan Inka Christie

Dirilisnya single kolaborasi yang bertepatan dengan hari ulang tahun diva lady rocker fenomenal Tanah Air itu bertujuan untuk mengenang karya-karya penyanyi peraih gelar Gold Prize of New Singer Asia Song Festival 1991 dan Anugerah Musik 1994 tersebut. Seperti apa kisah di balik single kolaborasi Nike Ardilla tersebut? mari simak ulasannya berikut ini: 

Jennie BLACKPINK Dikabarkan Bakal Kolaborasi dalam Lagu dan MV Terbaru Zico

Executive Producer Musica Studio, Indrawati Widjaja atau yang kerap dipanggil Ibu Acin menjelaskan alasan dipilihnya lagu Cinta Kita untuk dikolaborasikan bersama dengan Inka Christie. Salah satu alasannya lantaran kedekatan diantara keduanya. 

"Kita tau Inka dan Nike bersahabat sejak muda. Sebenarnya sudah tahun lalu rencananya ketika kita ada di museum, akhirnya juga lebih memastikan buat lagu Cinta Kita untuk dikolab dengan Nike Ardilla apalagi lagu imi fenomenal. Kita berdua memutuskan untuk dikolab tahun ini," kata Acin dalam Virtual Conference, Senin 28 Desember 2020.

Menginspirasi Generasi Baru, Fashion Crafty Jakarta Hadirkan Kolaborasi Fashion Photos Project 5

Dalam klip video yang tayang sejak kemarin di channel YouTube Musica versi terbaru itu suara dan sosok Nike Ardilla yang ditampilkan melalui beberapa video klip lamanya.

Terkait dengan hal itu, dari Musica Studio menjelaskan bahwa untuk membuat video klip tersebut memiliki dua tantangan tersendiri yakni dari sisi audio dan video. 

Dijelaskan Arlan Djoearsa selaku A&R Musica dari sisi video itu tantangannya bagaimana menghadirkan sosok Nike Ardilla sementara alamarhumah Nike tidak pernah syuting untuk klip lagu Cinta Kita. 

"Kita kumpulkan semua video clip dari Nike kita edit satu persatu agar pergerakan mulut yang pas seolah menyanyi yang di tembak dari proyektor ke dinding dan Teh Inka makanya minta putih dan hitam polos," sebut Arlan Djoearsa. 

Di sisi lain, tantangan secara audio yang dirasakan pihaknya adalah soal kualitas dari rekaman lagu Nike yang saat itu masih menggunakan pita rekaman.

"Kita tau pita rekaman itu tempo tidak konsisten. Sebab kualitas pita bisa berubah seiring waktu. Kalau dari proses produksi sesuaikan dengan yang baru. Kita tidak berani rubah signifikan karena lagu ini sudah dikenal lama," tambah Arlan.

Arlan melanjutkan, jika dihitung secara total dirinya dan pihak produksi rekaman hingga lebih dari 10 hari. Yang mana proses editing footage memakan waktu hingga 10 hari lamanya. 

"Syuting dan editing sebentar. Tapi butuh waktu editing footage Nike dari sekian banyak kita cari pergerakan mulut yang sesuai dan itu butuh waktu sekitar seminggu," kata Arlan. 

Di sisi lain, Inka Christie mengaku ketika melakukan proses rekaman ini diakuinya bukan hal yang mudah. Dirinya merasa adanya perasaan bergetar saat melakukan proses rekaman.

"Pas kemarin karena tau mau dikolab ada kesulitan pada hati. Sebelum nyanyi tiba-tiba denger suara beliau dulu dan sempat minta menenangkan hati. Beda adrenalin, hati bergetar keras merasa seperti saya akan berduet dengan sahabat yang sebenarnya sudah tidak ada," ujar Inka. 

Tidak hanya itu saja, Inka Christie mengaku sempat tidak sadar menitikkan air mata saat menjalani proses rekaman lagu Cinta Kita itu, bahkan juga sempat bermimpi bertemu dengan Nike Ardilla. “Kalau mimpi Nike itu nggak pernah sebentar gitu, selalu lama gitu, lama banget. Terus aku meluk gitu, tangannya itu erat banget kayak nggak mau pisah,” ungkap Inka dalam salah satu video di postingan Instagram resmi Musica Studios. 

"Air mata keluar ga sengaja baru nyanyikan dengan penjiwaan di situ ngerasa kolaborasi itu terasa ada sosok beliau. Sempet takut nggak bagus hasilnya karena takut sengau ketika nyanyi," kata Inka.

Diakui Inka Christie, hingga saat ini cintanya kepada sosok Almarhum Nike Ardilla masih tersimpan dan tidak lekang oleh waktu. 

"Feel lagu dapat kena karena itu menggambarkan cinta. Cinta kan makanya luas Inka bayangkan cinta itu ke almarhum. Sampai sekarang cinta dengan beliau enggak lekang waktu," telas Inka Christie.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya