Tak Cuma Manajer, Aria Baron Jadi Pilar Krusial Kiprah GIGI

Personel & eks personel band GIGI
Sumber :
  • IG GIGI band

VIVA – Kepergian Aria Baron menghadap Sang Khalik pada Selasa, 29 Juni 2021 lalu, masih menyisakan kesedihan dan suasana duka untuk dunia musik Tanah Air. Eks personel band legendaris GIGI tersebut merupakan salah satu gitaris yang dikenal sangat akrab dan hangat di kalangan para musisi.

Roadshow ke Pesantren di Bulan Ramadhan, Begini Arti Perdamaian Menurut Band GIGI

Turut berperan sebagai pendiri band GIGI, kiprah bermusik pria bernama lengkap Aria Baron Arafat itu memang tak bisa dilepaskan dari grup musik yang fenomenal lewat tembang 'Janji' tersebut.

Meski hanya bergabung sebagai personel pada 2 album perdana GIGI saja, namun pengaruh, warna dan eksistensi Baron dalam band yang terbentuk di Jakarta 22 Maret 1994 itu tetaplah begitu melekat.

Di Luar Nalar, Armand Maulana Dapat Bungkusan Nastar dan Su'uk dari Emak-Emak Saat Manggung

Selain GIGI, musisi kelahiran Bandung 16 Januari 1970 itu pun lebih dulu merintis terbentuknya salah satu band rock top Tanah Air, /rif pada awal tahun 90an di kota Kembang.

Usai meninggalkan Badai band yang akhirnya menjelma menjadi /rif, Baron akhirnya membentuk grup band bernama Gigi bersama Armand Maulana (vokal), Dewa Budjana (gitar), Ronald Fristianto (drum), dan Thomas Ramdhan (bass) di Jakarta.

Kemenag Gandeng Band Gigi dan Padi Sebarkan Pesan Perdamaian di 'PeaceSantren'!

Baron memutuskan keluar & mundur GIGI setelah terlibat dalam 2 album perdana 'Angan' (1994) & 'Dunia' (1995) karena ingin melanjutkan sekolah di Communication Arts, di New York Institute of Technology, Amerika.

Baron pun akhirnya kembali dan didaulat menjadi manajer GIGI pada Juli 2015 silam usai sang manajer sebelumnya, Dhani Pette memilih fokus mengembangkan POS Entertainment garapannya.

"Kenapa gue balik lagi? Karena gue GIGIKita (sebutan penggemar GIGI) nomor satu. Saya melihat band ini band yang berkesenian dan sangat profesional. Band yang telah membuktikan diri lebih dari sekadar band. Tapi juga satu komoditi yang sayang jika tidak dimaksimalkan," kata Baron yang ditemui di sela-sela acara temu media di Pisa Cafe, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa, 15 Maret 2016.

GIGI tak langsung mendapuk Baron sebagai manajer. Sebelumnya keempat pria tersebut pun menyeleksi manajer untuk grup band pemilik hits 'Januari' tersebut.
 
"Sebagai awal, kami mencari manajer dulu. Kami akhirnya kembali ke keluarga juga, yaitu Baron. Dan kebetulan, Baron juga sangat ingin kembali ke Gigi, sehingga kami pun makin antusias," ungkap vokalis GIGI, Armand Maulana.

Pasca berpulangnya Baron, para personel GIGI pun masih mengenang seperti apa kebersamaan dengan sang manajer dan eks gitaris mereka itu.

"Kami Ngeband bareng sudah 27 tahun lebih dan hubungan kami masih sama seperti awal ngeband, becandanya kacau, seru, ngangenin," tulis caption dalam postingan di akun Instagram pribadi Dewa Budjana.

"Tumpukan kenangan bareng Abah memenuhi pikiran & hati sy hari ini.. sesak dengan hal” yg indah,sesak dengan hal” yg lucu,sesak dengan kenangan yg penuh perjuangan untuk mempunyai sebuah group band (impian kami sebagai anak remaja saat itu)," ungkap bassis GIGI, Thomas Ramdhan.

"Album GIGI 1 & 2 Abah adalah partner sy dalam menulis lirik,yg terkadang kami b2 naik mobil dengerin lagu sambil cari kata2 yg cocok buat lagu yg sedang GiGi kerjakan," jelas Thomas.



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya