12 Fakta Menarik The King of Pop, Michael Jackson

Michael Jackson
Sumber :

VIVA – Michael Jackson dijuluki sebagai raja pop yang sukses menghibur para penggemarnya melalui karya-karya musiknya. Michael Jackson meninggal pada tahun 2009. Taukah kamu jika ada fakta menarik The King of Pop, Michael Jackson? 

Konser Band All Time Low Siap Digelar, Supermusic Janjikan Hal Ini

Berikut 12 Fakta Menarik tentang Michael Jackson

1. Profil Michael Jackson

Cerita Herjunot Ali yang Sudah 20 Tahun Jadi DJ

Michael Joseph Jackson atau akrab disapa Michael Jackson lahir pada 29 Agustus 1958, di Gary, Indiana. Ia dikenal sebagai penyanyi R&B, penulis lagu dan juga aktor. Selain itu ia juga menjadi 'icon' break dance dunia yang memiliki gaya dan dandanan yang khas.

Ayahnya yang bernama Joseph Jackson merupakan seorang petinju, pekerja baja, dan gitaris. Untuk menafkahi keluarganya, dia bekerja sebagai operator derek.

Yoon Bomi Apink Pacaran dengan Produser Rado Selama 7 Tahun

Sedangkan Ibunya bernama Katherine Esther Scruse, merupakan seorang Saksi Yehova yang taat, namun ia juga bekerja paruh waktu di sebuah department store. Dia memiliki keluarga besar dengan 3 saudara perempuan dan 5 saudara laki-laki.

2. Mendapat Perlakuan Kejam dari Keluarga

Ayah MJ melakukan kekerasan dengan dirinya dan saudara-saudaranya. Dia menghadapi kekerasan fisik dan emosional selama latihan tanpa henti. Dikabarkan bahwa ayahnya biasa memukulinya dan saudara-saudaranya dengan tali dan tidak menyesal melakukannya.

3. Membuat sebuah Band Keluarga

Pada tahun 1965, ayah Michael membuat sebuah band bernama "Jackson Brothers" dengan dia dan Marlon dan memasukkan saudara-saudaranya Jackie, Tito, dan Jermaine sebagai musisi cadangan. Dia memberikan penampilan publik pertamanya pada usia 5 tahun menyanyikan Climb Every Mountain.

4. Lagu Pertama oleh Artis Kulit Hitam Di MTV

Lagunya "Billie Jean" telah mendapatkan label sebagai lagu pertama oleh artis kulit hitam yang ditayangkan di MTV.

5. Memiliki Permasalahan Kulit

Semasa muda, Jacko memiliki kulit coklat, namun sejak awal tahun 1980-an, kulitnya tampak semakin putih. Perubahan warna kulit ini memancing public dan memunculkan rumor-rumor bahwa dirinya sengaja memutihkan kulitnya.

Namun, menurut biografi yang ditulis oleh J. Randy Taraborrelli pada tahun 1986, Jackson didiagnosis menderita vitiligo dan lupus, penyakit vitiligo membuat kulitnya terlihat putih di beberapa bagian.

Kedua, penyakit ini mengakibatkan Jackson sensitif terhadap sinar matahari. Perawatan yang diberikan kepada Jackson untuk penyakitnya tersebut turut mengakibatnya kulitnya semakin memutih. Selain perubahan pada warna kulit, ia juga diketahui melakukan operasi plastik pada bagian hidung, jidat, bibir, dan tulang pipi.

6. Dituduh sebagai Pedofil

Jacko merupakan pria yang penuh masalah dan berulang kali menghadapi tuntutan di pengadilan. Di antaranya tuntutan telah melakukan aktivitas seks menyimpang dengan anak-anak, meski kemudian hal tersebut tidak terbukti.

7. Moonwalk

Pada tahun 1983, dengan sekitar 47 juta pemirsa, Motown sukses besar di mana Jackson menampilkan "Billie Jean" dan menunjukkan gerakan tariannya yang terkenal yang disebut "The Moonwalk”.

8. Artis Paling Berpenghargaan

Diketahui bahwa Michael Javkson memiliki 23 Guinness World Records, 40 Billboard Awards, 13 Grammy, dan 26 American Music Awards.

9. Kisah Rumah Tangga 

Pernikahan pertama MJ dengan putri Elvis Presley Lisa Marie Presley pada tahun 1994 hanya berlangsung selama 19 bulan.

Kemudian, ia memiliki pernikahan keduanya pada tahun 1996, dengan Deborah Jeanne Rowe dan memiliki 2 anak, Michael Joseph Jackson Junior dan seorang putri, Paris Michael Katherine Jackson. Pernikahan ini juga berakhir pada 1999.

10. Ingin Hidup Selama 150 Tahun

Tidak ada yang ingin mati muda, tetapi Michael Jackson melangkah lebih jauh dan ingin hidup setidaknya 150 tahun.

Untuk ini, dia menggunakan ruang medis khusus, di mana dia bisa menghirup oksigen 100%, daripada konsentrasi normal 21% di udara.

11. Penghibur Terhebat Sepanjang Masa

Nama Michael Jackson telah terukir dalam sejarah hiburan sebagai salah satu penghibur terbesar sepanjang masa. Kontribusinya pada musik, tari, dan mode, telah membuatnya menjadi tokoh global dalam budaya populer.

12. Kematian

Jacko sempat 'menjauh' dari publikasi dan mengalami masa di mana kariernya semakin terpuruk. Namun demikian ia tetap melegenda di dunia pop. Dia pun bermaksud kembali menggelar konsernya. Rencana comeback ini akan dimulai dengan konser 30 hari di arena O2 London, Inggris.

Sayangnya, rencana Jacko untuk menggelar konsernya terpaksa harus kandas. Kamis, 25 Juni 2009, Jacko menghembuskan nafasnya yang terakhir karena serangan jantung yang fatal.

Sebelumnya, Raja Pop ini sempat tak sadarkan diri di mansionnya di kawasan Holmby Hills, Los Angeles. Segera ia dilarikan ke rumah sakit. Petugas medis berupaya keras memberikan pertolongan dan berusaha agar ia tetap hidup. Mereka melakukan berbagai bantuan pernafasan, namun sayangnya Michael tidak beraksi sama sekali.

Jacko meninggal di usia ke-50 dengan ditemani para anggota keluarga termasuk ibu dan saudara laki-lakinya yang terus berada di samping tempat tidurnya. Michael meninggalkan tiga orang anak, Prince Michael , Paris , dan Prince Michael II.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya