10 Lagu Minang yang Paling Populer di YouTube

Rumah Adat Gandang Minangkabau
Sumber :
  • vstory

VIVA – Lagu Minang merupakan salah satu lagu daerah yang paling banyak beredar saat ini. Penontonnya tidak hanya orang Minang dari Sumbar, tapi juga dari luar negeri. Tidak hanya itu, lagu Minang ini juga didengar dan disukai oleh suku-suku lain di Indonesia. Dari Aceh sampai Papua. Bahkan ada pendengar dan penggemar lagu Minang dari luar negeri seperti Malaysia.

Meiska Angkat Fenomena Istilah Badut dalam Lagu Terbarunya

Biasanya kita akan mengetahui sumber pendengar dan penggemar lagu Minang ini dari kolom komentar kanal YouTube. Biasanya mereka akan menyebutkan asal dan alasan mengapa mereka menyukai lagu-lagu Minang. Salah satu alasan mengapa lagu Minang ini disukai masyarakat adalah karena musiknya yang sangat bagus. Liriknya terkadang membuat orang tidak sadar alias baper.

Lagu-lagu Minang juga menjadi populer di TikTok. Musiknya banyak digunakan oleh publik untuk video TikTok miliknya. Bahkan, beberapa orang tahu tentang Minange melalui Douyin, dan baru kemudian melihatnya di YouTube.

Selain Luncurkan Single Baru, Penyanyi Cilik Evolette Alexandra Bakal Tampil di New York

Lalu, Apa Saja Judul Lagu Minang?

Frans feat Fauzana – Panek di Awak Kayo di Urang

Viral di TikTok, Begini Lirik Lagu Down Bad by Taylor Swift

Lagu Roza'c Tanjung "Panek di Awak Kayo di Urang" sejauh ini merupakan salah satu lagu pop Minang yang paling populer. Lagu ini dinyanyikan oleh Frans dan Fauzana dan dirilis di RW pro channel pada tanggal 15 Februari 2020.

Duet ini berkisah tentang sepasang kekasih yang hidup dalam harta yang pas-pasan. Oleh karena itu, sang istri mengeluhkan keadaan keuangan yang dialaminya. Namun, sang suami berusaha membujuk istrinya untuk selalu bersabar dan berdoa agar hidupnya menjadi lebih baik suatu hari nanti. Karena dia tidak akan pernah berhenti berusaha

Tidak hanya itu, lagu ini juga menyampaikan pesan bahwa selama kamu terus bekerja keras dan berdoa, semua yang kamu inginkan akan terlaksana. Saat ini, lagu "Panek di Awak Kayo di Urang" telah dilihat 101,3 juta kali. Ini merupakan pencapaian yang sangat luar biasa untuk lagu Minang.

Ipank feat Rayola – Rantau Den Pajauh

Lagu Rantau Den Pajauah merupakan salah satu lagu Minang yang sering kita dengar saat ini. Lagu ini dipopulerkan oleh Ipank dan Rayola.

Lagu karya Ipank ini menceritakan kisah cinta antara sepasang kekasih yang harus berakhir karena restu orang tua sang wanita. Kemudian, pria itu memutuskan untuk pergi ke luar negeri untuk mengobati hatinya yang sudah sakit dan kecewa.

Namun kekasihnya berusaha meminta maaf dan membujuknya untuk pulang. Tapi dia mempertahankan posisinya dan masih ingin berlama-lama. Di kanal YouTube Lirik Minang, lagu tersebut telah dilihat 62,8 juta kali sejak dirilis pada 27 Mei 2019. Sementara itu, di kanal Elta Record, lagu tersebut sudah ditonton 10,2 juta kali sejak dirilis pada 2 April 2019.

Andra Respati feat Ovhi Firsty – Manunggu Janji

Lagu Janji Manunggu merupakan salah satu lagu duet Minang yang diusung bersama oleh Andra Respati dan Ovhi Firsty. Lagu ini digubah oleh Roza'c Tanjung. Lagu ini menceritakan tentang sepasang kekasih yang harus dipisahkan oleh jarak dan waktu karena salah satunya pergi ke luar negeri. Mereka berjanji akan menjaga hati satu sama lain demi mewujudkan keinginan mereka untuk bersama di masa depan.

Pria itu juga menyarankan kekasihnya untuk menunggu dengan sabar sampai dia kembali ke rumah dan tidak pernah mendengar gosip langsung tentang dia di masa depan. Dia akan segera pulang untuk menebus janjinya pada kekasihnya. Di saluran YouTube Elta Record, lagu tersebut telah dilihat 59,1 juta kali sejak dirilis pada 14 Maret 2019.

Fauzana – Takabek Gadih Rantau

Lagu Takabek Gadih Rantau merupakan salah satu lagu pop Minang yang populer saat ini. Lagu ini digubah oleh Roza'c Tanjung dan dipromotori oleh Fauzana. Lagu ini digunakan sebagai salah satu musik latar di TikTok dan menjadi semakin terkenal. Sehingga siapapun yang mendengar lagu ini, tidak akan ada yang tidak tahu liriknya.

Lagu sedih ini bercerita tentang seorang wanita yang ditinggalkan kekasihnya karena pergi ke luar negeri. Dia selalu sabar menunggu kedatangan kekasihnya, meski dia tidak tahu kapan dia akan kembali.

Namun ada kabar buruk, ia mendapat kabar bahwa kekasihnya memiliki pujaan hati lain di luar negeri. Hal ini membuat hatinya semakin terganggu. Di kanal YouTube RW pro, lagu tersebut sudah ditonton 30 juta kali sejak dirilis pada 12 Januari 2020.

Andra Respati feat Eno Viola – Niek Suci Panabuih Janji

Lagu Niek Suci Panabuih Janji ciptaan Roza’c Tanjung ini dipopulerkan oleh Andra Respati dan Eno Viola. Di posting di channel Andra Respati Management pada 14 Maret 2019 lalu, lagu ini sudah ditonton 25,2 juta kali.

Rayola – Tadayo Gurauan Sayang

Lagu Tadayo Gurauan Sayang digubah oleh Roza'c Tanjung dan dipromotori oleh Rayola. Roza'c Tanjung sendiri adalah seorang pencipta lagu Minang, dan karya-karyanya selalu populer dan dicintai masyarakat.

Lagu itu sendiri menceritakan tentang seorang wanita yang tiba-tiba ditinggalkan oleh kekasihnya. Saat ini di saluran RY Music Production, lagu Tadayo Gurauan Sayang telah ditonton sebanyak 16,2 juta kali sejak dirilis pada 16 Februari 2019.

Andra Respati feat Eno Viola – Cinto Ndak Basayok

Lagu Cinto Ndak Basayok ini dipopulerkan oleh dua penyanyi terkenal Minang, yaitu Andra Respati dan Eno Viola. Lagu karya Roza'c Tanjung ini telah ditonton 13,3 juta kali di kanal YouTube milik Andre Respati Management sejak dirilis pada 22 Februari 2019.

Andra Respati feat Eno Viola – Nan Disayang Tunangan Urang

Lagu-lagu yang dibawakan oleh Andra Respati dan Eno Viola diciptakan kembali oleh Roza'c Tanjung. Sejak dirilis pada 6 Maret 2019, lagu tersebut telah ditonton 11,6 juta kali di kanal Manajemen Andra Respati.

Rama feat Echa – Manabuih Janji

Lagu Roza'c Tanjung Janji Manabuh merupakan salah satu lagu Minang yang populer karya Rama dan Echa. Duet ini menceritakan tentang sepasang kekasih yang berjanji akan setia selamanya dan menunggu waktu yang tepat untuk bertemu kembali.

Kunci dari hubungan jarak jauh adalah kepercayaan. Inilah yang mereka miliki sekarang. Sejak lagu tersebut dirilis pertama kali pada 5 Oktober 2019, telah ditonton 10,5 juta kali di saluran profesional RW.

Ipank – Harok di Rantau Urang

Lagu minang selanjutnya berjudul Harok di Rantau Urang yang dipopulerkan oleh Ipank. Lagu ini juga secara langsung diciptakan oleh Ipank. Sesuai dengan judulnya, lagu Harok di Rantau Urang menceritakan kisah sang pria perantauan mengenang masa-masa yang indah dengan sang kekasih yang ditinggalkan di kampung. Dia juga merasakan kerasnya kehidupan di perantauan sebagai pedagang.

Lagu ini dirilis pada kanal YouTube Lagu Minang dan telah ditonton sebanyak 30,8 juta kali. Sedangkan untuk kanal YouTube Elta Record sudah ditonton sebanyak 5,3 juta kali sejak pertama kali diunggah pada 2 Apri 2019.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya