Alat Musik Perkusi Lengkap dengan Fungsi dan Contohnya

Ilustrasi Alat Musik Perkusi
Ilustrasi Alat Musik Perkusi
Sumber :
  • pixabay.com

VIVA – Alat musik perkusi atau instrumen musik perkusi adalah salah satu jenis alat musik yang memiliki anggota paling banyak. Sebab, alat musik perkusi merupakan seluruh benda yang bisa menghasilkan suara dengan cara digesek, dipukul, digoyang, diadu, baik memakai alat bantu maupun tidak.

Selain itu, alat musik perkusi mempunyai nada dan suara yang bisa membunyikan not seperti alat musik umumnya, seperti xylophone, piano, dan timpani. Tapi, beberapa alat musik perkusi juga tidak memiliki nada seperti bass drum, castanets, dan cymbals.

Nah, berikut alat musik perkusi yang disadur dari Britannica, Senin, 13 September 2021.

Lalu, apa saja alat musik perkusi?

Alat musik perkusi

Kata istrumen perkusi bermula sejak tahun 1619, pada saat ahli musik dan komposer asal Jerman Michael Praetorius menulis mengenai perkussa, klopfende Instrument (klopfen Jerman, “beat”) layaknya istrumen yang menghentak.

Alat musik ini terbagi atas tiga kelompok yaitu idiofon, membrafon, dan kordofon. Idiofon merupakan instrumen substansinya bergetar supaya menghasilkan suara atau berlawanan dengan senar gitar dan kolom udara seruling. Misalnya adalah lonceng, clappers, dan rattles.