Soal Royalti, Rian D'Masiv: Musisi Kaya Makin Berkarya

DMasiv.
Sumber :
  • Musica Studios

VIVA – D'Masiv akan kembali menelurkan album baru pada awal tahun 2022 mendatang. Sebelum resmi merilisnya, sang vokalis, Rian Ekky Pradipta menyoalkan terkait hak royalti yang seharusnya dimiliki tiap musisi untuk bisa terus berkarya.

Drama Royalti Selesai, Inara Rusli dan Virgoun Berdamai, Cabut Laporan!

Dalam bincang santai bersama VIVATalk di Instagram VIVA.co.id, Rian D’Masiv, sapaannya, menyebut bahwa hak royalti sudah seharusnya didapatkan tiap musisi dari tiap karyanya. Rian mencontohkan, band populer Rolling Stones yang masih terus berkarya lantaran mendapatkan hak dan finansialnya tercukupi.

"Kalau seniman ini dibayar, secara finansial ada, musisi kaya akan terus berkarya," celetuk Rian D’Masiv.

Dian D'Masiv Minta Maaf karena Pakai Kaos John Mayer di Konser Taylor Swift

Menurutnya, hak royalti ini yang masih diperjuangkan oleh tiap musisi di industri musik. Sebab, dari hak royalti lah merupakan kunci industri musik bisa terus berjalan dengan musisi terus berkarya.

"Itu hal yang sedang kita perjuangkan untuk industri ini. Elemen yang penting di industri. Kalau enggak ada komposer, songwriter,  industri ini enggak jalan. Makanya harus ada peraturan yang melindungi musisi, perjuangkan hak-hak musisi. Sekarang sedang diperjuangkan," tambah Rian.

Pakai Kaus John Mayer di Konser Taylor Swift, Rian D'Masiv Dirujak Swifties

Rian D’Masiv menjelaskan bahwa pilihan menjadi musisi kerap dikesampingkan lantaran tak membuahkan prospek yang positif di masa depan. Namun, hal itu kini sudah berbeda jauh di masa sekarang dengan adanya hak royalti.

"Pemerintah bisa turun langsung agar aware sama para musisi. Agar orang yang memakai karya musisi itu bisa bayar. Yang sekarang kita lakukan ada mengawal agar apa yang jadi hak kita benar-benar sampai. Dan transparansi," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya