Nasihat Indra Lesmana dan Armand Maulana, Buat Alf Tatale Tak Menyerah

Alf Tatale
Sumber :
  • IG @alftatale

VIVA – Alf Tatale sudah dua kali mengikuti ajang kontes menyanyi yang berbeda. Meski tidak keluar sebagai jawara utama, Alf Tatale tetap semangat berkarya. Hal itu salah satunya didapat karena nasihat para mentornya dalam ajang tersebut.

Meiska Angkat Fenomena Istilah Badut dalam Lagu Terbarunya

Awalnya, Alf Tatale berjumpa dengan Indra Lesmana. Dalam ajang Indonesian Idol 2005, Indra mengatakan Alf Tatale harus total dalam berkarier di industri musik. Ia menyarankan Alf untuk pindah ke Jakarta dan tidak menyerah untuk wujudkan keinginannya.

Alf tidak menolak hal tersebut. Setelah lulus dari ajang tersebut, dari kafe ke kafe didatangi untuk mengasah kemampuannya.

Selain Luncurkan Single Baru, Penyanyi Cilik Evolette Alexandra Bakal Tampil di New York

"Selama 10 tahun saya nyanyi mulai dari kafe kecil hingga kafe besar. Saat itu, Saya kemana-mana naik sepeda motor. Saya optimistis, kerja keras ini pasti berbuah nantinya," kata Alf Tatale baru-baru ini.

Lalu Alf dimentori Armand Maulana dalam kontes menyanyi lainnya. Ada kata-kata Armand yang masih diingatnya sampai sekarang.

Viral di TikTok, Begini Lirik Lagu Down Bad by Taylor Swift

"Ada arahan dari coach Armand Maulana. Beliau bilang, 'Kamu jangan berhenti setelah ini. Kamu harus terus menghasilkan karya’. Itu mengapa saya terus berkreativitas," ujarnya.

Karier bermusik Alf Tatale terus berkembang, Pada 2014, ia menjadi vokalis grup musik Alf D'Bats. Mereka pernah merilis sebuah album bertajuk Jawaban Sebuah Mimpi. Empat tahun kemudian, Alf merilis album Ambon-Manado, Paling Manis.

Alf mulai kembali menerima banyak tawaran manggung, sampai pandemi datang. Namun ia tidak mau menyerah. Ia merilis lagu Sekarang Waktunya. Lagu ciptaan Ferdy Reizho yang diaransemen oleh Ary Dowenk itu merepresentasikan kegelisahan masyarakat Indonesia yang terbelenggu pandemi, khususnya para pekerja seni. 

"Pesan moral single ini adalah meski dilanda pandemi, kita tidak boleh menyerah. Saya ingin menyemangati seluruh teman musisi, pengusaha, pekerja, dan masyarakat yang perekonomiannya terdampak selama pandemi," kata Alf Tatale.

Alf juga sempat terpapar COVID-19. Namun ia menyuarakan untuk tetap semangat menghadapi situasi yang masih tidak menentu seperti saat ini.

"Terus bergerak, lakukan sesuatu untuk keluar dari keterpurukan. Sesuai judul lagu, ya sekarang waktunya. Kita tidak tahu kapan ujung dari situasi yang serba tidak menentu ini. Hadirnya single ini bukti bahwa saya konsisten berkarya di musik sejak 2005," ujarnya.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya