Gitaris Ini Persembahkan Lagu untuk Penderita Mental Illness

Yankjay
Sumber :
  • IG @yankjay

VIVA – Anxiety Disorder atau Gangguan Kecemasan Berlebih jadi salah satu topik yang kini jadi sorotan. Kini, salah satu gitaris mengangkat hal itu dalam karyanya. Gitaris tersebut bernama Yankjay.

Jennie BLACKPINK Difollow Camila Cabello, Bakal Kolaborasi?

Yankjay adalah seorang musisi yang mengalami salah satu mental illness yaitu Anxiety Disorder. Ia menderita itu karena kesibukan, hiruk-pikuk ibukota Jakarta dan pola hidup kurang baik. Pada suatu waktu Yankjay memiliki pengalaman mendapatkan ketenangan.

Hal itu didapat saat menikmati keindahan pemandangan alam di sela-sela kesibuknnya sebagai musisi. Yankjay berkeinginan menginterpretasikan apa yang dilihat dan dirasakan itu ke dalam sebuah karya musik berupa sound healing

Shopee Rilis Iklan Terbaru Garansi Tepat Waktu, Dibintangi Penyanyi Kenamaan Vidi Aldiano

Ia berharap orang lain mendapat atau merasakan yang Yankjay alami, yaitu ketenangan. Yankjay akan merilis sebuah single pada 24 oktober 2021. Hal ini merupakan sebuah karya instrumental solo gitar akustik, atau dikenal dengan istilah Fingerstyle, dengan judul lagu Daydreams.

Yankjay bersama Para Musisi

Photo :
  • IG @yankjay
Bersama Mone Band, Mario G Klau Hadirkan Pemain Lama

Lagu ini merupakan pengalaman pribadi Yankjay sebagai penderita salah satu mental illness yaitu Anxiety Disorder atau Gangguan kecemasan berlebih.

"Prosesnya tidak begitu lama,balik lg karena ini instrumental fingerstyle jadi rekaman pun hanya beberapa kali one take,dipilih yang bagus lalu bungkus," ujarnya menceritakan mengenai lagu itu.

Yankjay berharap lagu Daydreams ini menjadi sound healing untuk para penderita mental illness. Instrumental di lagu ini hanya petikan gitar, tidak ada instrument lain di dalamnya.

"Semoga menjadi sound therapy bagi yang sedang dilanda anxiety, panik, stres dan depresi," ucapnya.

Awal Karier

Yankjay

Photo :
  • IG @yankjay

Yankjay mulai menjajaki karir sebagai musisi sejak muda. Saat SMP hingga SMA Yankjay rajin mengikuti festival-festival band antar pelajar. Saat itu band Yankjay menjadi juara dan berkesempatan rekaman di Jakarta dalam naungan suatu label.

Sempat merilis 4 album lalu di sekitar tahun 2012 Yankjay bertemu Indro Hardjodikoro dan membuat project band bernama HeiBand. Di 2017 Yankjay mulai merambah ke session player untuk Afgan, Armand Maulana Project, Isyana, Fadly (PADI) n Friends, Natasha Pramudita dan Lainnya.

Yankjay juga pernah menjadi Band pengiring bersama Alm Yockie Suryoprayogo dalam konser Badai Pasti Berlalu, LCLR, dan sebagainya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya