Lagu Galih dan Ratna Dipilih untuk Kampanye Masker dan Vaksin

Ilustrasi pemakaian masker cegah virus corona/COVID-19.
Sumber :
  • Freepik

VIVA – Masker dan vaksin, merupakan cara ampuh untuk melawan COVID-19. Berangkat dari pemikiran tersebut, Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 bekerja sama dengan musisi Dodi Isnaini dan Musica Studio's, me-remake lagu Galih dan Ratna

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Lagu legendaris karya Guruh Soekarnoputra tersebut digubah menjadi Dua Sejoli: Masker & Vaksin, yang dinyanyikan oleh penyanyi Shakira Jasmine dan Maizura. 

Direktur dan Eksekutif Produser Musica Studio's, Indrawati Widjaja, menganggap, sosialisasi vaksin dengan memanfaatkan musik adalah ide yang sangat menarik.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

"Sebenarnya Mas Dony Is yang bercerita merencanakan tentang kerja sama antara Satgas COVID-19, Musica Studio's dengan artis-artis mudanya. Saya rasa ini ide yang sangat menarik, kegiatan sosialisasi vaksin dan masker melalui musik dan video klip yang menarik," ujarnya dalam diskusi virtual di Youtube BNPB Indonesia, Rabu 10 November 2021. 

ilustrasi masker.

Photo :
  • Pixabay
Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Tidak jauh berbeda, Guruh Soekarnoputra berpendapat bahwa vaksin dan masker adalah salah satu cara yang efektif untuk melawan pandemi. Dia pun turut bersyukur karena bisa ikut berkontribusi dalam penanggulangan COVID-19 lewat salah satu karyanya. 

"Pertama kali saya mendengar rencana ini saya bersyukur pada Tuhan yang Maha Kuasa. Atas kehendak-Nya, lewat lagu saya, saya bisa berperan serta langsung dalam penanggulangan COVID-19," kata dia. 

"Saya sangat senang, langkah ini bisa menjadi alat perjuangan untuk memperjuangkan penanggulangan COVID-19. Jadi sangat bersyukur aja. Kita harapkan agar segera mungkin bisa selesai (pandemi)," sambung Guruh. 

Sementara itu, pencipta lagu Dua Sejoli: Masker & Vaksin, Dodi Isnaini, menceritakan inspirasinya dalam menciptakan lagu ini. 

"Berangkat dari keprihatinan melihat tetangga-tetangga di sekitar saya yang tidak menggunakan masker, kemudian setahun yang lalu diajak untuk membuat lagu Iman, Aman dan Imun. Saya buat lagunya, videonya saya buat sendiri dengan melibatkan semua news anchor di semua stasiun TV," imbuh dia. 

"Kemudian tahun ini saya dihubungi lagi untuk membantu. Karena saya concern banget kalau ada orang yang gak pake masker pasti 'tolong pake masker donk'. Kemudian di breafing lah sama Mas Hery mengenai masker dan vaksin," lanjut dia. 

Dodi mengaku, ketika di-briefing tentang masker dan vaksin, hal pertama yang terpikir adalah lagu Dua Sejoli Galih dan Ratna. Terlebih dia mengagumi karya-karya Guruh Soekarnoputra, yang juga menciptakan lagu tersebut. 

"Pilihan saya terhadap lagu Galih dan Ratna ini, bagaimana membuat semua strata masyarakat ter-cover semua. Uniknya lagu ini bahkan nadanya menurut saya masih kekinian. Alhamdulillah hasilnya menyenangkan semua pihak. Mudah-mudahan pesan masker dan vaksin ini nyampe," harap Dodi Isnaini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya