Profil Yus Yunus, Pedangdut Senior Meninggal Dunia

Yus Yunus
Sumber :
  • Instagram @yusyunusofficial

VIVA – Kabar duka kembali datang dari dunia industri musik Tanah Air. Pedangdut senior Yus Yunus meninggal dunia pada hari ini, Jumat, 25 Februari 2022 sekitar pukul 00.52 WIB. Yus Yunus meninggal dunia di usia yang ke-59 tahun.

Fakta-fakta Anggota TNI Tersambar Petir di Depan Mabes Cilangkap, 1 Meninggal Dunia

Kabar duka itu disampaikan oleh rekan seprofesi, pedangdut Elvy Sukaesih melalui unggahan di Instagram pribadinya. Elvy mengunggah foto yang menampilkan kebersamaannya dengan Yus Yunus. Dalam caption yang ditulis di unggahannya itu, Elvy menyampaikan kabar duka tersebut. 

“Innalillahi wa inna ilaihi rojiun.

Deretan Negara yang Ternyata Penduduknya Paling Cepat Meninggal Dunia

Telah Wafat pada hari ini Jumat, 25 Februari 2022, Jam 00.52 dini hari, Penyanyi senior YUS YUNUS.

Umie Elvy dan Keluarga Turut Berduka dan Berdo’a,Semoga Almarhum YUS YUNUS Husnul Khotimah dlm Ampunan, Rahmat dan Ridho ALLAH SWT, Alfatiha. 

Prada Ardiansyah, Prajurit TNI yang Tersambar Petir Meninggal Dunia

Dan Semoga keluarga yang ditinggalkan dalam Kesehatan penuh Keikhlasan dan Kesabaran. Aamiiin Yaa ROBBAL ALAMIIN,” tulis Elvy Sukaesih dalam Instagram.

Profil Yus Yunus

Yus Yunus

Photo :
  • Instagram Elvy Sukaesih

Yus Yunus lahir di Sumenep, Madura, Jawa Timur 19 September 1962. Mulanya, lagu-lagu yang dinyanyikan Yus Yunus menggunakan Bahasa Madura. Yus Yunus terlahir dari keluarga pedagang. Diketahui jika para saudaranya semua mencari nafkah dengan cara berniaga. Keluarganya sempat menentang keinginan Yus Yunus untuk menjadi seorang penyanyi.

Namun akhirnya ia memutuskan untuk berangkat ke Jakarta demi mengejar mimpinya dan ingin debut menjadi seorang penyanyi. Dia sempat bekerja sebagai pengantar susu ke hotel-hotel. Di tengah kesibukannya itu, Yus Yunus tetap berupaya menjual karya-karya ke sejumlah perusahaan rekaman.

Awal Karier

Di awal kariernya pada tahun 1990-an, Yus gencar merilis album. Saat itu Yus sempat berduet dengan Iis Dahlia lewat album Supir Taxi dan Gadis Desa. Memasuki tahun 1993, Yus merilis Mangkade. Tahun 1994 ada dua album yang dirilis yaitu Arjun dan Gadis Pendayung. Bahkan pada tahun 1997, Yus sukses merilis tiga album yaitu Terang Kembali, Ya Dana Dana, dan Luka yang Kubawa.

Beberapa album duet bersama Yus diantaranya Cinta Dibalas Cinta bersama Murni Chania pada 1995, Tujuan Hati bersama Mega Wahyudi pada 2002, dan Dendang Perdamaian Indonesia bersama Mega Wahyudi pada 2003. Single terakhir Yus bertajuk "Zaina" yang dirilis pada 2020. Penyanyi asal Madura yang populer di Ibu Kota itu juga pernah masuk nominasi AMI Award kategori Artis Solo Pria Dangdut. 

Selain di industri musik, Yus Yunus juga pernah menjajal peruntungannya di dunia politik. Di tahun 2018, Yus Yunus maju sebagai calon DPR RI lewat Partai Amanat Nasional daerah pemilih Lumajang-Jember.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya