Deretan Personel Boyband yang Keluarkan Proyek Solo Tahun 2022

Jungkook BTS
Sumber :
  • BigHit Entertainment

VIVA – Pertengahan Februari lalu, leader EXO Suho diketahui telah selesai menjalankan wajib militernya (wamil). Sempat menjanjikan para penggemar akan memberikan hadiah untuk mereka lantaran telah menunggunya selama menjalankan wamil. Kala itu, Suho belum memberitahu detail kado apa yang akan diberikannya untuk para penggemar.

Jungkook BTS Raih Penghargaan Bergengsi di People's Choice Awards 2024

Namun pada 10 Maret 2022 kemarin, Suho disebut akan merilis album solo keduanya. Proyek solo bagi para idol yang tergabung di boy group menjadi hal yang umum. Selain Suho sejumlah idol berikut ini juga diketahui merilis proyek solo mereka untuk tahun 2022. Siapa saja? Berikut ini rangkumannya

1. T.O.P BIGBANG

Viral Kamar Fans Kpop Diruqyah dan Dibacakan Ayat Kursi, Netizen: Jungkook Kena Semprot!

Bintang boyband Korea, TOP BIGBANG.

Photo :
  • Facebook BIGBANG

Setelah meninggalkan agensinya YG Entertainment setelah 16 tahun bersama pada Februari lalu. T.O.P BIGBANG dikabarkan akan merilis album solo perdananya.

Dibilang Mirip Sama Jungkook BTS, Thariq Halilintar: Langit dan Bumi

Rapper BIGBANG ini diketahui sempat melakukan wawancara dengan majalah Prestige Hong Kong. Dalam wawancara itu, T.O.P sempat mengungkap sejumlah harapannya di masa mendatang setelah keluar dari YG Entertainment. Tidak hanya itu saja, T.OP. juga mengungkapkan rencananya untuk segera merilis album solo debut.

Rincian lebih lanjut tentang perilisan solonya yang akan datang diharapkan akan dirinci dalam cerita sampul rapper dengan majalah tersebut, yang dirilis pada 7 Maret. Namun hingga saat ini belum diketahui detail dari album solo perdana T.O.P.

2. Jungkook BTS

Pada pertengahan Februari lalu, maknae BTS, Jungkook merilis single barunya berjudul Stay Alive. Lagu yang diproduseri oleh rapper BTS, Suga ini diketahui merupakan soundtrack untuk lagu original webtoon dan web novel 7 Fathers:Chakho.

Beberapa hari setelah dirilis, single Stay Alive Jungkook itu berhasil memasuki beberapa Tangga Lagu Resmi Inggris (yang biasanya dianggap sebagai tangga lagu Inggris yang setara dengan tangga lagu AS Billboard).

“Stay Alive” memulai debutnya di No. 89 di Official Singles Chart, menjadikannya lagu OST Korea pertama dalam sejarah yang pernah memasuki chart. Lagu ini juga berada di No. 5 di Tangga Penjualan Singel Resmi dan Tangga Lagu Unduhan Single Resmi.

Sejak dirilis, “Stay Alive” telah mencetak rekor baru di seluruh dunia: setelah menjadi lagu solois Korea tercepat dalam sejarah yang mencapai No. 1 di tangga lagu iTunes Top Songs di 80 wilayah berbeda dan menyapu No. 1 di delapan pasar musik terbesar di dunia, lagu ini akhirnya mencapai No. 1 di total 98 wilayah berbeda hanya dalam waktu 24 jam—sebuah rekor baru untuk solois Korea. Sejak itu, jumlah itu telah meningkat menjadi 104 daerah berbeda.

“Stay Alive” juga memecahkan rekor debut Spotify terbesar dari semua lagu oleh solois Korea, memasuki tangga lagu Global Top 50 harian Spotify di No. 3 sehari setelah dirilis.

3. Kyuhyun Super Junior

Kyuhyun Super Junior

Photo :
  • SM Entertainment

Pada akhir Januari 2022, member termuda Super Junior, Kyuhyun merilis mini album keempatnya berjudul "Love Story (4 Season Project). Kyuhyun mengumumkan akan mengakhiri proyek di mana ia merilis lagu baru untuk setiap musim. Diungkap oleh Kyuhyun bahwa dalam album mini keempatnya ini ada total 6 buah lagu.

"Saat membuat '4 Season Project' ini, saya hanya akan melakukan 'Quarterly Cho Kyuhyun,' tapi rasanya seperti menyalin 'Monthly Yoon Jong Shin,'” sebuah proyek rilis lagu bulanan oleh Yoon Jong Shin, yang juga merupakan pembawa acara konferensi pers Kyuhyun.

4. Changmin TVXQ

Changmin TVXQ.

Photo :
  • Koreaboo

Changmin TVXQ merilis mini album keduanya berjudul Devil pada 13 Januari 2022 lalu. Mini album ini merupakan mini album solo pertama Changmin dalam satu tahun sembilan bulan dan merupakan remake dari sebuah lagu dengan nama yang sama oleh artis dan produser Swedia Alex Runo.

Mengenai konsep album barunya, Changmin menjelaskan, dirinya lebih menampilkan beragam vokal dan penampilan yang dimilikinya.

"Sementara ada kesejukan dan kenyamanan dalam diri saya, ada juga keseksian. Saya mencoba menunjukkan pesona saya dengan penuh warna sebagai pria yang dewasa secara alami,” kata dia.

5. BamBam GOT 7

BamBam GOT7

Photo :
  • soompi

Pada pertengahan Januari 2022, BamBam GOT7 diketahui merilis mini album keduanya B. Album "B" menampilkan judul lagu "Slow Mo" di samping lagu pra-rilis "Who Are You" dan empat b-side. Mengenai judul lagu, BamBam menjelaskan, bahwa ini adalah cerita yang berlanjut dari 'Who Are You.'

"Ini berisi gagasan untuk menerima alter ego saya, membuat dunia kita sendiri di dalamnya, membenamkan dan memengaruhi satu sama lain, dan mendefinisikan pribadi saya," kata BamBam.

6. Suho EXO

Suho EXO.

Photo :
  • Allkpop

Pada 10 Maret, outlet media News1 telah melaporkan bahwa Suho EXO akan merilis album solo keduanya. Setelah media tersebut melaporkan kabar kembalinya Suho, SM Entertainment pun langsung memberikan konfirmasi.

"Suho sedang mempersiapkan album solo" ungkap SM Entertainment.

SM Entertainment bahkan mengungkapkan jadwal perilisan album solo Suho tersebut. "Suho comeback pada bulan April. Tolong tunjukkan banyak minat" lanjut SM Entertainment.

Comeback Suho EXO di bulan April, akan menandakan album solo pertamanya dalam waktu sekitar dua tahun. Hingga saat ini, Suho EXO belum merilis judul album solonya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya