Bermodal Alat Musik Hasapi, Rean Perkenalkan Lagu Tradisional

Rean
Sumber :
  • Dokumentasi

VIVA – Dengan mengenalkan musik EDM (Elecrtronic Dance Music) yang dipadukan dengan alat musik tradisional (Hasapi) menghasilkan karakter suara yang khas dari setiap karya yang Rean berikan.

Upaya DJKI Kemenkumham Melindungi Musik Tradisional Indonesia

Rean semakin dikenal setelah berkolaborasi dengan banyak artis dan musisi di Indonesia di antaranya Ecko Show, Chika Rebecca, Govind Marbun, Vincy, Deyka dan lainnya.

Rean juga sudah pernah diundang untuk melakukan perform di salah satu stasiun TV nasional. Rean memiliki Tag line “Makes Culture More Exclusive”. Di mana ia siap melestarikan musik tradisional dengan cara kekinian agar lebih mewah.

AMI Ethnic, Upaya Konkret Menjaga Kekayaan Budaya Musik Tradisional Indonesia

Berawal dari pulang ke kampung halaman, di situ ia pergi ke salah satu tempat yang paling iconic dari Sumatera utara yaitu pulau Samosir bersama keluarga. Saat ia berjalan melihat sekeliling ia melihat toko souvenir, entah kenapa pandangannya mengacu pada alat musik hasapi yang memiliki  bentuk unik dan memutuskan untuk membeli hasapi dengan keadaan yang masih menjadi pajangan.

4 Fakta Unik Gambang kromong, Sejarah Panjang Musik Betawi

Dari situlah ia mulai jatuh cinta pada alat musik tersebut. Setiba sampai di Jakarta, Rean mulai mengrapikan alat musik hasapi sesuai apa yang diharapkannya agar lebih nyaman dalam penggunaannya.

Rean selalu membawa hasapi dan terkadang memainkannya langsung disaat perfoaming DJ, dari segi penampilan pun Rean tak lupa mengenakan kain ulos sebagai identitas dari mana ia berasal. 

“Gue akan memotivasi kepada pemuda-pemudi lainnya yang ada di Indonesia maupun di luar Indonesia bahwa budaya atau tradisi bukan hal yang kuno, justru disaat apa yang gue pertunjukkan berbanding terbalik dari kata kuno. Semua tergantung kita lagi gimana ingin mempertahankan dan mengeksplore budaya tersebut,” ujar Rean.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya