Mengenal Grup Kasidah Nasida Ria, yang ke Jerman Beberapa Kali

Grup Kasidah Nasida Ria
Sumber :
  • IG @nasidariasemarang

VIVA – Grup kasidah Nasida Ria berhasil tampil di Jerman. Mereka jadi salah satu pengisi dalam ajang Opening Week Music Program Documenta Fifteen di Kassel, Jerman, Sabtu, 18 Juni 2022.

WhatsApp Punya Fitur Menemukan Pesan dengan Cepat

Hal ini jadi perbincangan netizen. Mereka kagum dengan pencapaian grup kasidah Nasida Ria. Mari mengenal Nasida Ria lebih dekat, dirangkum dari berbagai sumber. Nasida Ria merupakan band kasidah modern Indonesia.

Mereka pertama kali dibentuk pada 1975 di Semarang, Jawa Tengah dan beranggotakan 9 orang. Nasida Ria disebut-sebut sebagai grup kasidah modern paling tua yang ada di Indonesia. Grup ini awalnya hanya menggunakan rebana sebagai alat musik.

5 Negara yang Pasok Senjata Terbesar ke Israel untuk Lawan Iran, AS Jadi yang Terbesar

Album perdana mereka yang berjudul Alabaladil Makabul, muncul tiga tahun kemudian. Lagu mereka tentang dakwah dan menarik ilham dari musik Arab. Sampai album keempat, mereka mengubah konsep. Nasida Ria hadir dengan lagu berbahasa Indonesia agar lebih banyak diterima pendengar.

Sering Pikirkan Kematian, Bunda Corla Galau Mau Dimakamkan di Jerman Atau Indonesia

Lagu mereka pun banyak dikenal masyarakat, beberapa diantaranya Perdamaian, Pengantin Baru, Tahun 2000, dan Jilbab Putih. Lalu grup kasidah Nasida Ria mulai mendapatkan tawaran manggung di luar negeri, antara lain manggung di Malaysia dalam rangka merayakan Tahun Baru Islam pada tanggal 1 Muharram.

Mereka juga pernah ke Jerman sebelumnya. Kala itu, Nasida Ria bermain di Die Garten des Islam (Pameran Budaya Islam) oleh Haus der Kulturen der Welt di Berlin, Jerman. Kmeudian mereka kembali ke negara tersebut pada Juli 1996.

Setelah tahun 2000, Nasida Ria mengalami pergantian dan penambahan personel. Nasida Ria kini memiliki 12 personel yaitu Hj. Rien Djamain, Hj. Afuwah, Hj. Hamidah, Hj. Nadhiroh, Hj. Nurhayati, Hj. Nurjanah, Hj. Thowiyah, Sofiyatun, Uswatun Khasanah, Titik Mukaromah, Nazla Zain dan Alfiatul Khoiriyah. Selain itu Nasida Ria juga memiliki grup untuk juniornya yang bernama Qasidah ezzurA.

Mereka juga pernah meraih beberapa penghargaan, salah satunya dari PWI pada 1989. Kini, mereka kembali jadi perbincangan publik setelah kembali tampil di Jerman. Nasida Ria pun membagikan aktivitas mereka selama di sana. Salah satunya saat menginap di kediaman Konsulat Jendral RI di Frankfurt Jerman.

"Selamatt malamm, hari ini bunda” tilawahan dengan sangatt merdu buat hati ademm banget! enjoyy
Kediaman/Wisma Konsulat Jendral RI di Frankfurt Jerman pak @asomantri1967
," tulis akun Instagram Nasida Ria.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya