Fitri Carlina Merasa Terbantu dengan Hal Ini

Fitri Carlina
Sumber :
  • ist

VIVA Showbiz – Pedangdut Fitri Carlina menyambut baik inovasi label Nagaswara dfi era digitalisasi. Baru-baru ini label tersebut menghadirkan Nagadigit dalam rangka mendukung para musisi untuk mengenalkan karya melalui YouTube. Hal ini didukung oleh pelaku di industri musik, salah satunya Fitri Carlina.

Heboh TikTokers Galih Loss Diduga Lecehkan Islam, Tim Siber Polri Langsung Turun Tangan

Menurutnya, adanya Nagadigit membantu untuk mengenalkan lakgunya lebih luas. Selain itu, Fitri bisa dapat uang tambahan darinya. 

"Saya merasakan manfaat bergabung dengan Nagadigit, selain lagu saya dikenal luas. Saya juga mendapat income," kata Fitri Carlina saat ditemui di kawasan Manggarai, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Jimmy Nazwar Rao dan Posan Tobing Kolaborasi untuk Lagu Hebat

Fitri Carlina

Photo :
  • Instagram @fitricarlina

Nagadigit adalah jaringan multi channel yang berafiliasi dengan sejumlah channel YouTube. Mereka akan memberikan layanan pengembangan penonton, pemrograman konten, kolaborasi kreator hingga manajemen hak digital.

Profil Daud Kim YouTuber Korea yang Dituding Bangun Masjid Hanya Demi Konten

"Jadi Nagadigit upaya kami membantu para musisi untuk memperkenalkan karyanya lewat YouTube, dengan begitu para musisi tidak sekedar mempopulerkan lagunya tapi juga mendapatkn income" kata Rahayu Kertawiguna, CEO Nagaswara Music.

Dalam prakteknya, Bimas Nurcahya dari Pragita Wibawa Pustaka menjelaskan, perlindungan dalam sistem Youtube atau Google Inc terdiri dari dua aspek. Pertama, perlindungan Lagu dalam bentuk ciptaan aslinya (notasi atau komposisi asli) dilindungi oleh publisher atau penerbit musik melalui Content Management System (CMS) Publishing. 

"Pragita Wibawa Pustaka menaungi pencipta-pencipta seperti Denny Caknan, Ndarboy Genk, Fahmi Sahab dan lain-lain," ujarnya.

Ilustrasi Musik Game

Photo :
  • pixabay

Untuk perlindungan kedua, Lagu ketika sudah diproduksi (Master), yaitu dalam bentuk Content dalam Youtube, dilakukan melalui CMS/Content-ID Nagadigit. Maka kolaboraksi antara Nagaswara, Pragita dan CSI dalam Nagadigit menghasilkan suatu perlindungan yang sifatnya lebih menyeluruh.

Bukan hanya pengalaman Nagaswara dalam mengelola ratusan artis dan puluhan ribu konten, pengetahuan dan pengalaman Pragita dalam bidang hukum Hak Cipta Musik juga ikut membantu para pemilik Channel atau konten kreator untuk berkreasi dengan rasa aman.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya