3 Situs Bersejarah Indonesia Jadi Tempat Konser Bintang Dunia

Isyana Sarasvati di Prambanan Jazz 2020
Sumber :
  • Ist

VIVA Showbiz – Konser musik identik dengan adanya panggung megah, biasanya letak panggung berada di dalam gedung besar. Selain itu, lapangan juga kadang menjadi suatu pilihan untuk lokasi menggelar konser besar.

TVXQ Otw ke Indonesia Hari ini! Siap Berikan Penampilan Spesial ke Cassiopeia di 20 April Mendatang

Menariknya, lokasi konser kini tidak hanya terpaku diadakan di dua opsi itu saja. Tapi pertunjukan masa kini sudah bisa dilakukan di hutan, di lereng gunung, hingga tempat bersejarah sebagai situs warisan sejarah dan budaya masa lalu.

Nah, kali ini Viva akan membahas tempat-tempat situs bersejarah di Indonesia yang pernah dan mungkin akan dijadikan sebagai lokasi konser. Berikut daftar situs bersejarah yang dirangkum dari berbagai sumber:

Tinggal 3 Hari Lagi! Intip Peraturan dan Ketentuan Acara Untuk Konser TVXQ di Indonesia

1. Pabrik Gula De Tjolomadoe

Concert Hall Pabrik Gula De Tjolomadoe, Jawa Tengah

Photo :
  • VIVA/Fajar Sodiq
Lengkap! Ini Daftar Musisi yang Tampil di Saranghaeyo Indonesia

De Tjolomadoe merupakan nama pabrik gula yang terletak di Karanganyar, Surakarta, Jawa Tengah. Pabrik gula pernah berjaya pada tahun 1928 hingga menjadi yang terbesar di Asia.

Namun sejak tahun 1998, pabrik berhenti beroperasi. Barulah pada tahun 2017, PT PP (Persero) bersama BUMN bersinergi melakukan revitalisasi.Tahap pertama revitalisasi De Tjolomadoe dengan luas 1,3 hektar yang berada di atas lahan 6,4 hektar tetap mempertahankan nilai dan kekayaan sejarah yang ada.

Kini, bekas pabrik gula itu menjelma menjadi tempat yang bernilai sejarah dan digunakan untuk manfaat komersial. Dalam rangka peresmiannya De Tjolomadoe saat itu digelar sebuah konser konser internasional dengan David Foster.

Musisi dengan puluhan hits itu sukses mencatat sejarah dengan menggelar konser untuk pertama kali di De Tjolomadoe, Karanganyar, Surakarta, Jawa Tengah). Konser malam itu, dia berhasil menghibur tiga ribu penonton di lokasi yang juga penuh sejarah.

David Foster mengaku senang tampil di tempat bersejarah ini. Apalagi dia tidak tampil sendiri dalam konser di De Tjolomadoe. David Foster juga akan berduet dengan penyanyi kenamaan Brian McKnight, Anggun, Dira Sugandi, Sandhy Sondoro, dan Yura.

2. Candi Borobudur

Konser Westlife di Borobudur

Photo :
  • VIVA/Wahyu Firmansyah

Candi Borobudur juga memiliki kawasan yang  sangat luas. Sehingga lokasi ini mendukung untuk menjadi tempat pelaksanaan pertunjukan musik.

Berbagai acara konser pun telah dilakukan di area Candi Borobud, seperti konser peluncuran sebuah produk ponsel, hingga diadakannya Borobudur Symphony pada November tahun 2018.

Borobudur Symphony adalah sebuah pagelaran musik bertaraf internasional yang digelar untuk pertama kalinya di pelataran Candi Borobudur.

Pagelaran musik ini merupakan sebuah bentuk upaya sinergi jangka panjang BUMN dalam memperkenalkan dunia pariwisata Indonesia ke tingkat internasional, khususnya destinasi pariwisata milik BUMN. Tujuan sebagai bentuk diplomasi budaya dalam kekuatan baru untuk memperkuat branding nasional.

Direktur Utama PT TWC saat itu menerangkan Acara tersebut menjadi sebuah alternatif seni pertunjukan musik dan tujuan wisata baru yang lebih menyegarkan dengan selalu menampilkan keindahan dan budaya lokal yaitu Candi Borobudur.

Untuk kesempatan pertama ini Borobudur Symphony bakal menampilkan Mariah Carey. Diva internasional yang pernah memenangkan 5 Grammy Awards itu akan beraksi di hadapan penonton dengan latar belakang keindahan Candi Borobudur yang merupakan puncak keselarasan teknik arsitektur dan estetika seni anak bangsa.

3. Candi Prambanan

Prambanan Jazz 2018.

Photo :
  • U-Report

Kompleks percandian yang luas membuat Candi Prambanan kerap digunakan menjadi tempat konser musik. Sejak beberapa tahun terakhir, berbagai acara diselenggarakan di candi yang terletak di Jogjakarta tersebut. Salah satu acara rutin yang digelar di sana yakni Prambanan Jazz.

Prambanan Jazz merupakan festival musik tahun yang diadakan oleh Rajawali Indonesia Communication. Tahun ini menjadi kali ke-6 acara tersebut digelar di kawasan Candi Prambanan.

Menurut Founder Prambanan Jazz sekaligus CEO Rajawali Indonesia Communication, Anas Syahrul Alimi yang pula sebagai promotor, setidaknya ada puluhan musisi yang tampil pada setiap tahunnya. Pada tahun 2018 Lalu Boyzone dan sebuah band di Indonesia yang sudah menjadi legenda tampil di Candi Prambanan.

Selain pertunjukan musik, penonton Prambanan Jazz tentu akan dimanjakan oleh pemandangan Candi Prambanan sebagai latar belakang.

Nah, demikian Informasi mengenai 3 situs bersejarah di Indonesia yang menjadi tempat konser bintang dunia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya