Moeldoko Rangkul Para Pelaku Seniman Jalanan, Disambut Positif

Moeldoko bersama seniman
Sumber :
  • VIVA.co.id/Aiz Budhi

VIVA Showbiz – Kepala Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Jenderal TNI (Purn) Moeldoko terus melakukan dialog langsung terhadap berbagai kelompok masyarakat,  melalui channel YouTube miliknya. Moeldoko membuat Podcast bersama Kelompok Penyanyi Jalanan (KPJ)  bertempat di Gelanggang Remaja Bulungan, Jakarta Selatan, pada Jumat, 22, Agustus 2022.

Moeldoko Ungkap Penyebab Subsidi Motor Listrik Kurang Laku, Anak Muda Tak Suka Motor Pelan

Moeldoko menyatakan, semua anak bangsa memiliki potensi dan harus memahami potensi tersebut, namun yang menjadi persoalan adalah tidak mampu mengelola potensi menjadi kekuatan.

“Ini kalau dalam pelajaran militer pembinaan teritorial, jadi bagaimana mengelola potensi menjadi kekuatan, KPJ ini saya lihat seperti itu. Bagaimana potensi yang ada ini sama-sama dikelola menjadi sebuah kekuatan. Dengan value yang dimiliki KPJ seperti menghidupi, jangan merasa memiliki, jadilah pejuang jangan jadi orang yang diperjuangkan," kata Moeldoko dalam keterangan tertulis yang diterima VIVA.

Lebih Meriah, PEVS 2024 Bakal Tampilkan 82 Merek Otomotif

Dalam kesempatan tersebut, Moeldoko juga meminta para kepala daerah bukan hanya sekadar melarang penyanyi anak jalanan mengekspresikan di jalanan, tapi juga harus menyiapkan ruang kreasi dan inovasi bagi para musisi jalanan tersebut. Dengan begitu mereka dapat menghasilkan sesuatu yang positif, membantu dan menghidupi orang lain.

“Sungguh di luar dugaan saya, ternyata KPJ itu, pertama telah melahirkan penyanyi-penyanyi top dari sini. Kedua, punya nilai-nilai, strukturnya ada, identitasnya ada, ada favorite culture di situ. Ketiga, ada filosofi yang dianut, seperti menghidupi, berjuang, dan jangan memiliki. Maksudnya bahwa hidup itu, tidak boleh egois, harus bisa menghidupi lingkungan itu agar semua bisa menjalani kehidupan semakin baik,” tuturnya.

Koreksi Pernyataan Mochtar Ngabalin, Moeldoko Sebut Transisi Pemerintahan Belum Terlihat

Upaya komunikasi Moeldoko ini mendapat sambutan baik dari Ketua KPJ Indonesia, Anto Baret yang menilai sosok Moeldoko sebagai orang baik dan peduli dengan rakyat kecil.

“Saya pikir dia bagus sebagai KSP, harus banyak mendengarkan suara rakyat, apa yang dirasakan oleh rakyat, selama ini oke. Mudah-mudahan tetap istiqomah, dengan perbuatan-perbuatan untuk rakyat banyak,” kata Anto.

Dalam kesempatan yang sama, penggagas Rumah Juang KPJ Cilegon Banten Suci Helenia Putri, menilai yang dilakukan Moeldoko melalu Podcast nya akan melahirkan sinergisitas antara kelompok bawah (penyanyi jalanan) dengan pemerintah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya