Tokoh Musik 3 Zaman Indonesia, Ini 5 Fakta Ibu Sud

Saridjah Niung atau Ibu Sud
Sumber :
  • Wikimedia

VIVA Showbiz – Saridjah Niung atau lebih dikenal dengan panggilan Ibu Sudd adalah sosok inspiratif yang harus dibanggakan. Bu Soed merupakan wanita yang sering menciptakan lagu-lagu anak nasional yang berasal dari Sukabumi, dan diteladani perjuangannya.

Rizky Irmansyah Ungkap Fakta Soal Putusnya dengan Nikita Mirzani, Rizky : Nanti Saya Buka Boroknya

Ibu Soed juga merupakan seorang guru musik, pemusik, penyiar radio, dan seniman batik Indonesia. Karakter sosok Bu Soed tak terlepas dari lagu-lagu yang diciptakannya, lagu itu sangat terkenal di dunia pendidikan Taman Kanak-kanak Indonesia.

Lalu, Apa saja Fakta Ibu Sud yang menarik dan perlu diketahui? Simak ulasan Viva yang dilansir dari berbagai sumber sebagai berikut.

12 Fakta yang Diklaim Tak Terbantahkan Dibeberkan Kubu Ganjar-Mahfud pada Sidang PHPU

1. Saridjah Niung menjadi Ibu Soed

Saridjah Niung atau Ibu Sud

Photo :
  • Wikimedia
5 Fakta Menarik tentang Kucing Bengal

Ibu Soed itu nama populer. Nama Tidur Saridjah Niung. Nama Ibu Soed berasal dari suaminya, seroang ningrat Jawa bernama Raden Bintang Soedibjo. Soed itu dari Soedibjo. Ibu Soed maksudnya istrinya Pak Soedibjo.

2. Bapak Bugis, Ibu Sunda

Saridjah Niung atau Ibu Sud

Photo :
  • Wikimedia

Ibu Soed dikenal sebagai tokoh musik tiga zaman (Belanda, Jepang, dan Indonesia). Kariernya di bidang musik bahkan sudah dimulai jauh sebelum kemerdekaan Indonesia. Suaranya pertama kali dari radio NIROM Jakarta periode 1927-1928.

4. Prihatin dengan Anak-anak Indonesia yang Tampak Kurang Bahagia

lagu anak.

Photo :
  • http://sayangianak.com/download-lagu-anak-anak-gratis-di-marinyanyi/

Itulah yang ingin Ibu Soed ingin menyenangkan-anak dengan menyanyikan lagu ceria. Didorong rasa patriotisnya, Ibu Soed ingin mengajar mereka menyanyi dalam Bahasa Indonesia. Dari sinilah Ibu Soed mulai menciptakan lagu-lagu ceria dan patriotik untuk anak-anak Indonesia.

Hingga akhir hayatnya, Ibu Soed dikenal sebagai empunya lagu anak-anak. Total ia telah mencipta 480 lagu anak-anak Indonesia seperti Burung Kutilang, Naik Delman, Kupu-Kupu, Naik-Naik ke Puncak Gunung, Desaku, Hai Becak, Berkibarlah Benderaku, Bendera Merah Putih dan Tanah Airku.

5. Perintis Batik Terang Bulan

Perajin batik difabel di Rumah Batik Palbatu membuat masker dari kain batik

Photo :
  • ANTARA/Laily Rahmawaty

Selain pendidik dan pencipta lagu, Ibu Soed dikenal sebagai perintis Batik Terang Bulan. Ibu Soed berhasil mewujudkan konsepsi Bung Karno untuk menciptakan batik khas Indonesia yang diberi nama Batik Terang Bulan.

Sebenarnya masih banyak fakta hebat dari seorang Ibu Soed. Sosok Ibu Soed menjadi harus menjadikan kebanggaan Indonesia , terutama kaum wanitanya dan dunia musik anak Indonesia..

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya