Peduli Lingkungan, JYP Entertainment Berencana Stop Produksi CD Fisik

Park Jin Young, pendiri JYP Entertainment
Sumber :
  • tangkapan layar YouTube

VIVA Showbiz – JYP Entertainment, agensi yang menaungi TWICE, ITZY, Stray Kids, DAY6, dan lainnya berencana untuk mengeluarkan album hanya dalam bentuk digital saja dalam rangka mengurangi sampah dampak lingkungan seperti yang dilansir dari NME.

Dorong Ekosistem Ekonomi Keuangan Digital, BI Bali Gelar Baligivation Festival 2024

Rencana ini berdasarkan laporan ESG (Environmental, Social, and Governance) tahun 2021 yang dirilis pada awal bulan ini. Dalam laporan tersebut, JYP Entertainment mengatakan bahwa perusahaan saat ini sedang mencari cara untuk mengurangi pemborosan yang terkait dengan pembelian album fisik. 

Stray Kids

Photo :
  • twitter @Stray_Kids
Kemenkominfo Mengadakan Kegiatan Talkshow "Etika Pelajar di Dunia Digital"

Kendati demikian, mereka akan menggantinya dengan mendistribusikan lagu, konten di balik layar, lirik, dan photobook semuanya secara digital. Penggemar yang membeli album dari agensi di masa mendatang hanya akan menerima photocard fisik dengan diberikan akses ke semua materi lain melalui kode QR dan NFC.

Laporan itu juga menambahkan bahwa agensi mempertimbangkan opsi produksi yang lebih ramah lingkungan untuk photocard dan meminimalisir bahan kemasan untuk album serta merchandise artisnya.

Viral di TikTok, Begini Lirik Lagu Down Bad by Taylor Swift

“Kami saat ini melakukan yang terbaik, brainstorming, untuk menemukan cara yang paling ramah lingkungan guna mengganti dan mereformasi CD artis kami,” ujar pendiri agensi Park Jinyoung dalam presentasi video tentang laporan ESG agensi.

TWICE

Photo :
  • JYP Entertainment

JYP Entertainment belum mengonfirmasi kapan agensi akan melakukan perubahan dari album fisik ke digital saja. Album mendatang TWICE berjudul Between 1&2 sepertinya tidak terpengaruh oleh langkah ini. Pasalnya, versi fisik dari album tersebut telah diumumkan. 

Rupanya JYP bukan satu-satunya agensi yang bergerak untuk meluncurkan album berbasis digital. HYBE baru-baru ini mulai melepas album digital bersama album fisik untuk mini album SEVENTEEN Sector 17 dan Face the Sun serta girl group baru NewJeans.

Album digital yang diberi nama album versi Weverse berisi photocard member, kartu QR, serta panduan pengguna yang menjelaskan bagaimana penggemar dapat mengakses konten album dan dikemas dalam kotak kecil atau amplop.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya