Sebelum Tenar, Karya Denny Caknan Sering Diklaim Orang Lain

Denny Caknan.
Denny Caknan.
Sumber :
  • Dok.Instagram/denny_caknan

VIVA Showbiz – Nama Denny Caknan kini telah dikenal masyarakat luas. Lagu-lagunya yang dikenal ambyar dan berbahasa Jawa berhasil diterima, dua diantaranya Kartonyono Medot Janji dan Los Dol. Akun YouTubenya memiliki leboh dari 5 juta subscribers.

Video klip dari lagu terbaru Denny Caknan yang berjudul Satru 2 telah ditonton lebih dari 32 juta kali.  Namun hasil ini didapatkannya dengan memeras tenaga dan keringat sedemikian rupa.

Denny Caknan berjuang keras demi bisa mencapai perolehan saat ini. Banyak tantangan dan masalah yang ditemui di tengah jalan. Salah satunya mengenai hak cipta. Banyak karya Denny Caknan yang diklaim orang.

YouTube.

YouTube.

Photo :
  • The Verge

Monetisasi iklan dari YouTube pernah tak sampai ke Denny. Kala itu Denny belum memahami regulasi dan aturan main di YouTube. Ia baru menyadari semuanya terjadi karena belum mendaftarkan karyanya.

Pria bernama asli Denny Setiawan itu kini telah bergabung dengan IDE (Indonesia Digital Entertainment). Mereka turun tangan langsung mengelola akun YouTube milik Denny Caknan. Sejak saat itu, Denny tak lagi menemui masalah copyright.

Bukan hanya Denny Caknan yang bergabung dengan IDE. Beberapa musisi yang viral dan lagu-lagu trending juga berada dalam naungan mereka. Beberapa diantaranya Happy Asmara, Felix Irwan, Yeni Inka, hingga musisi luar negeri Onefour. Dan pada akhir 2019, IDE pun resmi menjadi YouTube Music Partner Indonesia dengan brand IDE Music.