Lagunya Viral karena Enda Ungu, Penciptanya Pedagang Nasi Goreng

Band The Orion
Sumber :
  • VIVA / Ichsan Suhendra

VIVA Showbiz – Beberapa waktu lalu, sempat viral lagu berjudul Maafkan Aku. Lagu itu kembali banyak dinyanyikan di YouTube maupun TikTok. Bukan hanya itu saja, para selebriti juga ikut membawakan kembali lagu tersebut, salah satunya Enda Ungu.

Viral Curhat Pratama Arhan ke Azizah Salsha Usai Timnas U-23 vs Australia Bikin Gemes Netizen

Lagu tersebut begitu melekat di Enda. Bahkan beberapa netizen menganggap lagu ini miliknya. Padahal, Enda sudah menjelaskan siapa pencipta lagu tersebut.

"Saya mengcover lagu ini karena banyak request. Lagu ini bukan ciptaan saya. Setelah saya telusuri, judul asli lagu ini "Lupakan Aku" yang dipopulerkan The Orion band," kata Enda dalam deskripsi videonya.

Viral Jeam Kelly Sroyer Dikeplak Shin Tae-yong, Ternyata Gegara Ini

Enda Ungu

Photo :
  • VIVA / Ichsan Suhendra

Seperti yang tertulis dalam deskripsi di video yang diunggah Enda, lagu tersebut milik band yang bernama The Orion. Lagu itu merupakan ciptaan sang vokalis, R Tias. Ia tidak mempermasalahkan mengenai hal ini. Justru ia senang karena lagu itu bisa dikenal banyak orang.

Pria Ini Belajar Mengemudi Bermodal Lihat Youtube, Hasilnya Mobil Hancur Tabrak Tembok

"Ya senang ya. Terima kasih kepada orang-orang yang sudah mempopulerkan lagu kami, Maafkan Aku. Terima kasih juga buat Bang Enda," kata R Tias saat ditemui di kawasan Blok M, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Lagu itu sudah diciptakan sejak bertahun silam. Kala itu, mereka masih mencari label dan menyebarkan CD demo mereka kepada label yang ingin menanungi. Tak lama kemudian CD bajakan lagu mereka tersebar namun tertulis Enda yang menjadi penciptanya.

"Tahun 2008 awal, kami bikin demo lagu dan coba masukin ke label-label. Gak tahu kenapa lagu itu tahun 2009 meledak di tempat jual CD (Compact Disk) bajakan, dan anehnya lagu itu tertulis Enda Ungu (yang nyanyi). Kami gak punya kekuatan untuk mengklaim, siapa yang bakal percaya," katanya.

Band The Orion

Photo :
  • VIVA / Ichsan Suhendra

Waktu berlalu, The Orion vakum dan personelnya sibuk dengan kegiatan masing-masing. Bryan masih sibuk dengan kegiatan bermusik, sementara Ipung dan R. Tias menjalani usaha untuk menyambung hidup. 

"Ipung jualan kopi, dan saya sendiri jualan nasi goreng di Taman Barito dari tahun 2014 sampai sekarang," ucap Tias.

Kemudian lagu Maafkan Aku kembali viral setelah dibawakan penyanyi Indah Yastami. Di YouTube, lagu itu ditonton hingga puluhan juta kali.

"Jadi setelah pandemi, tahun 2022, ada Indah Yastami, cover lagu Maafkan Aku dan meledak lagi sampai 40 juta viewer," tuturnya.

Viralnya lagu tersebut, buat salah satu manajemen artis, Positif Art tertarik menyatukan dan menghidupkan kembali Band The Orion. Mereka menyambut itu dengan tangan tersbuka.

"Kami digandeng Positif Art untuk kembali bermusik. Kami juga sudah menyiapkan single kami selanjutnya," tuturnya.

Meski sudah kembali bermusik, R Tias mengaku belum bisa melepas usahanya sebagai penjual nasi goreng. Ia masih aktif berdagang di kawasan Taman Barito.

"Ya disela kesibukan bermusik, saya masih jualan nasi goreng," tuturnya.

R Tias dan personel band The Orion lainnya berharap, cita-citanya sebagai musisi terkenal bisa terwujud dengan The Orion menuai sukses di panggung musik. Ia juga berharap bisa bertemu dengan Enda Ungu untuk berkolaborasi.

"Harapannya sih pertama sukses ya, dan mudah-mudahan bang Enda Ungu ada waktu bertemu dengan kami. Kami mau kolaborasi," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya