Asal Muasal Inul Daratista Doyan Koplo, Inspirasinya dari Didi Kempot

Inul Daratista.
Sumber :
  • Instagram @inul.d

VIVA Showbiz – Maestro Didi Kempot rupanya menjadi inspirasi dari musik dangdut koplo yang dibawakan oleh Inul Daratista saat manggung di awal kariernya. Bahkan menurut Ratu Ngebor ini, lagu-lagu buatan mendiang Didi Kempot begitu indah dan mudah dikenali banyak orang.

Inul Daratista Nyekar ke Makam Mertua yang Non Muslim, Netizen Pertanyakan Agama Adam Suseno

Para Sobat Ambyar tentunya begitu lekat dengan lagu-lagu karya Didi Kempot. Meski sang maestro telah pergi untuk selamanya pada 2020 lalu, namun karyanya menjadi inspirasi banyak orang, termasuk Inul Daratista. Yuk, scroll.

"Aku justru gini, lagu-lagu yang melegenda itu lagu-lagu Almarhum Mas Didi Kempot. Lagu-lagu yang memang lagu Jawa banget dan itu hampir seluruh transmigran Indonesia, dari Sabang sampai Merauke pasti tahu. Yang ada di Kalimantan kalau kita nyanyi lagunya mas Didi Kempot, pasti tahu," ujar juri Koplo Superstar ANTV itu, ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta, Minggu malam, 18 September 2022.

Ungkap Kisah Masa Lalu, Inul Daratista Nyaris Pingsan Dimarahi Rhoma Irama

Diakui pelantun Goyang Dombret ini, para 'penerus' penyanyi dangdut memang sudah mulai dikenal seperti Denny Caknan. Kendati begitu, sosok Didi Kempot tak serta merta hilang begitu saja dari dunia hiburan lantaran musiknya sangat familiar.

Didi Kempot Konser

Photo :
  • U-Report
Geger Inul Daratista Alami Penyumbatan Batang Otak Kiri, Begini Kondisinya

"Tapi kita tidak mengesampingkan sosok mas Didi Kempot yang saya bilang lagu-lagunya sih lebih melegenda. Nggak usah memakan waktu karena contohnya adalah lagu Anoman Obong, orang pasti tahu. Lagu yang luar biasa," kata ibu satu anak ini.

Inul mengaku bahwa mendiang Didi Kempot bukan yang menciptakan dangdut koplo melainkan dirinya yang mengubah aransemen lagu. Tak heran, lagu yang dinyanyikan Inul saat di panggung adalah lagu gubahannya sendiri yang hanya bisa dinyanyikan olehnya seorang.

"Beliau itu bukan menciptakan koplo, tapi saya yang rusak musiknya," kata pedangdut asal Pasuruan itu.

Hingga kini, Inul yang sudah dikenal sebagai pedangdut senior, pun mengaku masih mempelajari terus musik koplo. Hal ini dilakoninya agar tren musik tersebut terus ada dan digemari.

"Apalagi lagi-lagu koplo, karena sekarang hitsnya di situ, jadi kita harus belajar terus. Kita nggak tahu request-nya penonton, request-nya event organizer, memang pasarnya di situ kita harus ngikutin dong," tandasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya