AMI Awards ke 25 Digelar, Ada 13 Kategori untuk Apresiasi Musisi

AMI Awards ke 25
Sumber :
  • Dokumentasi AMI Awards yang ke 25

VIVA Showbiz – Sebagai bentuk apresiasi bagi para pelaku industri dan insan musik Tanah Air, Yayasan Anugerah Musik Indonesia (YAMI) menggelar Anugerah Musik Indonesia (AMI Awards). Malam puncak ajang penghargaan yang tahun ini memasuki penyelenggaraan yang ke-25 kalinya itu akan dimeriahkan sederet nama musisi ternama Indonesia, pada hari Kamis (13/10/2022) jam 21.15 WIB di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Abeliano Menyemangati Hati dengan Lagu Terbaru, Hoping You'll Be Mine

“AMI Awards merupakan bentuk komitmen bersama Yayasan Anugerah Musik Indonesia yang telah terjaga selama kurun waktu kurang lebih dua dakade terakhir, untuk menghadirkan apresiasi kepada insan musik Tanah Air terhadap karya yang telah mereka buat, dan juga memberikan dampak positif bagi perkembangan industri musik di Indonesia,” kata Dini Putri selaku MNC TBK Director & Programming Acquisition Director RCTI belum lama ini kepada awak media.

“Selain itu, AMI Awards juga dapat menjadi motivasi bagi musisi Tanah Air yang ada di seluruh Nusantara untuk membuat karya lebih baik lagi, sehingga dapat dinikmati serta menghibur masyarakat,” tutur Dini Putri melanjutkan.

Melodi Bali Memukau New York: Navicula dan Endah N Rhesa Luncurkan Album "Segara Gunung"

AMI Awards ke 25

Photo :
  • Instagram/amiawards

AMI Awards ke-25 mengangkat tema, ‘Recover Together, Recover Stronger Through Music’ yang artinya, ‘Pulih Bersama, Bangkit Lebih Kuat Melalui Musik’. Tema ini diusung untuk bisa membangkitkan semangat bersama dalam memulihkan kondisi pasca-pandemi covid-19 yang melanda dunia, khususnya Indonesia.

DPRD Kota Denpasar Apresiasi Capaian Kinerja LKPJ Wali Kota Tahun 2023

Oleh karena itu, melalui ajang penghargaan AMI Awards ke-25 Indonesia mampu bangkit kembali melalui musik karena musik merupakan bahasa universal yang dapat diterima dan disukai semua kalangan, serta sebagai media ekspresi yang mampu menyatukan banyak kalangan masyarakat.

“Musik Indonesia adalah anugerah dari Yang Maha Esa. Penghargaan yang diberikan kepada insan musik, atau AMI Awards, menurut observasi saya sudah memiliki brand tersendiri, dimana musisi yang menerima piala AMI selain merasa senang juga bangga serta terhormat mendapatkan anugerah tersebut, kita harus mempertahankan hal itu,  termasuk mempertahankan independensi-nya, pemilihan yang berdasarkan kualitas, bukan semata-mata hanya popularitas saja tapi tetap kualitasnya juga harus dipertahankan supaya yang menerima piala AMI menjadi semakin bangga," ungkapnya menjelaskan.

Candra Darusman selaku Ketua Umum YAMI mengatakan bahwa ketika Malam Puncak Anugerah Musik Indonesia agar dapat bersama-sama mendukung dan berselebrasi atas usaha yang selama setahun kebelakang ini.

“Terimakasih buat semua musisi dan stake holder yang berkenan hadir untuk memberikan dukungan dan ucapan selamat kepada siapapun yang terpilih mendapatkan piala demi merajut kebersamaan diantara musisi Indonesia yang kita banggakan dan cintai,” ujar Candra Darusman.

AMI Awards ke-25 mendapat respon yang positif dari musisi Tanah Air sejak dibukanya pendaftaran lagu secara online pada 17 Mei 2022, hingga penutupan pada 09 Juli 2022. Total ada sebanyak 4.156 lagu yang terdaftar tahun ini, berupa karya single ataupun album yang di rilis secara komersil dalam periode rilis 1 Juli 2021 – 30 Juni 2022.

AMI Awards ke 25

Photo :
  • Instagram/amiawards

Dengan total lagu yang telah masuk tersebut menandakan, bahwa dalam kondisi apapun semangat daya kreatifitas para musisi Tanah Air tetap menyala agar industri musik Indonesia terus berjalan dan berkembang. Di malam puncaknya nanti yang akan diumumkan secara on-air akan ada sebanyak 13 kategori.

Kategorinya adalah Artis Solo Wanita Pop Terbaik, Artis Solo Pria Pop Terbaik, Artis Solo Pria/Wanita/Grup/Kolaborasi Metal Terbaik, Artis Solo Pria/Wanita Dangdut Terbaik, Karya Produksi Kolaborasi Terbaik, Karya Produksi Ost Terbaik, Karya Produksi Lagu Berbahasa Daerah, Pendatang Baru Terbaik, Album Terbaik, Karya Produksi Terbaik, Legends Awards, Lifetime Achievement dan Penghargaan Khusus. Sementara yang diumumkan secara off-air ada sebanyak 47 kategori.

Sederet musisi ternama Tanah Air yang akan tampil serta memeriahkan malam puncak AMI Awards ke-25 diantaranya adalah, JKT48, Rossa, Andmesh, Isyana Sarasvati, Nona, Dead Squad, Vidi Aldiano, dan masih banyak lagi. Tidak hanya penampilan solo dari masing-masing musisi, namun nantinya juga akan ada kolaborasi yang apik diantara musisi yang hadir.

Selain itu, akan ada juga nama-nama artis lainnya yang meramaikan malam puncak AMI Awards ke-25 dengan menjadi pembaca nominasi sekaligus mengumumkan nama penerima pengghargaan seperti, Maia Estianty, Al, Dul. Selain itu akan ada Lyodra dan Tiara Andini yang tidak hanya membacakan nominasi, namun mereka juga akan memberikan penampilan yang menarik.

“Seperti gelaran di tahun-tahun sebelumnya, penyelenggaraan malam puncak AMI tahun ini pastinya juga akan berlangsung sangat meriah. Tak hanya diramaikan oleh para pengisi acara yang merupakan musisi papan atas Tanah Air, namun tampilan panggung yang megah serta juga tata lampu menawan, bakal memanjakan mata para pemirsa yang menyaksikan,” tutur Tiurma Imelda Sinaga selaku Head of Production Operation RCTI.

Gamaliel Audrey Cantika (GAC)

Photo :
  • Instagram/gac_music

Beberapa perwakilan nominee seperti Gamaliel mengatakan “Kita sebagai musisi memang selalu berkarya, tapi ketika mendapatkan apresiasi dari penikmat musik dan pelaku musik  rasanya terpacu dan akan selalu semangat berkarya lagi. AMI AWARDS masuk dalam perjalanan musik kita dari jaman GAC hingga berkarya solo seperti saat sekarang ini," ungkapnya.

“Selalu bersyukur, goals utama bukan untuk mendapat piala, mendapat piala itu bonus untuk memotivasi dan selalu semangat berkarya dan memotivasi musisi lain yang baru ingin memulai berkarya. Masuk kategori nominasi saja itu sudah sangat senang dan bangga,” tambah Audrey.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya