Iwan Fals Bawa Pesan Ini di Konser M20

Iwan Fals
Sumber :
  • ist

VIVA Showbiz – Rangkaian puncak acara M20 (Music20) akan ditutup dengan perhelatan M20 Summit conference (KTT) pada 31 Oktober dan M20 concert pada 1 November. Menurut Ketua Komite Pelaksana M20, Tantowi Yahya menjelaskan, KTT tersebut membawa beberapa agenda yang penting untuk dibahas dan dibuat gebrakan.

Cara Mahasiswi Cantik Tipu Korban Tiket Konser Coldplay hingga Raih Rp 1,2 Miliar

Pesan penting dari KTT ini tidak terbatas pada konser ramah lingkungan dan rendah emisi yang mencakup nol plastik dalam agenda-agenda festival dan industri hiburan, tetapi juga mendukung praktik terbaik untuk mendukung tujuan musik dan juga isu iklim," Kata Tantowi.

KTT tersebut juga akan dilakukan serah terima program M20 ke pihak India. Selain itu, M20 focus pada tujuan SDG serta transformasi digital di industri musik.

Polisi Cokok Mahasiswi Pelaku Penipuan Tiket Coldplay yang Raup Untung hingga Rp1,2 M

Tantowi Yahya, Triawan Munaf, Kadri Mohamad, dan Candra Darusman

Photo :
  • VIVA / Ichsan Suhendra

“Lebih penting lagi, KTT ini mencakup penyelarasan kebijakan di masa depan industri musik untuk mendukung inklusi digital dan budaya, kesejahteraan musisi, dan pekerja kreatif. Seluruh komunike pada KTT M20 akan menghasilkan draft final yang akan disampaikan kepada Presiden Republik Indonesia dan diserahkan kepada India sebagai negara tuan rumah Presidensi G20 pada tahun 2023," ujar Tantowi.

WhatsApp Dongkrak Kemampuan Fitur Ini

Lalu pada konser M20 mengusung tema Musik & SDG’s: Agen Kuat Perubahan Sosial, Lingkungan dan Ekonomi. Panggung diisi oleh Iwan Fals, Kahitna, Once, Isyana X Deadsquad, Dira Sugandi, dan Slank.

Dalam penampilannya, Iwan Fals turut menyampaikan pesan perdamaian bagi dunia. Ia berharap perang yang sedang terjadi bisa segera diakhiri.

Iwan Fals

Photo :
  • IG @iwanfals

"Di samping mensejahterakan rakyatnya, G20 ini harus menenangkan anak-anaknya yang nakal itu. Saya berharap Rusia Ukraina bisa damai. Sangat mengganggu. Kalau damai mungkin itu kerinduan kita semua," ujar Iwan Fals.

Selain itu, beberapa poin yang dicoba digaungkan pada acara ini adalah, driving digital information in fair and inclusive music industry, the welfare of musician, and creative economy worker, better access in the music industry, mainstreaming music-learning, encouraging low-emissions and community-friendly concerts serta menjadikan musik sebagai platform untuk mendorong perdamaian. 

M20 adalah side event dari G20/2022, bahkan sekitar 400 musisi lain serta penggiat musik lainnya. Turut memeriahkan acara konser yang ikut menyuarakan isu iklim dan musik dalam gagasan Music Concert (M20).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya