Ravi Andika Suguhkan 5 Lagu dalam EP Purwarupa

Ravi Andika
Sumber :
  • ist

VIVA Showbiz – Industri musik Tanah Air tak pernah kehabisan talenta baru. Salah satunya penyanyi muda bernama Ravi Andika. Pada pertengahan Mei 2022, ia merilis lagu Picture, You. Kini, ia menghadirkan karya baru, bukan hanya satu tapi lima lagu.

Konser Band All Time Low Siap Digelar, Supermusic Janjikan Hal Ini

Lima lagu itu ditulis oleh Ravi Andika dan tergabung dalam suguhan EP bertajuk Purwarupa. Scroll selanjutnya ya.

EP Purwarupa ini juga melibatkan orang-orang hebat di kancah musik tanah air. Dani Primada dan Tomy Icom sebagai produser, orang yang juga dibalik nama besar Peterpan, Caffeine, Dygta dan Geisha. Ari Renaldi sebagai pengisi drum, yang juga merupakan produser Tulus dan Yura Yunita. Ari Firman dari The Groove mengisi track bass dan juga mengaransemen string.

Cerita Herjunot Ali yang Sudah 20 Tahun Jadi DJ

Ravi Andika

Photo :
  • ist

Lagu-lagu di EP Purwarupa ini di-mixing oleh Ivan Dewanto, Steve Carao dari Sage Audio dan 7th Floor. Di-mastering oleh Steve Carrao dari Sage Audio dan 7th floor. Keterlibatan Ravi Andika di EP Purwarupa ini bukan hanya sebagai penulis lagu dan penyanyi, namun Ravi andika juga mengisi track gitar, keyboard, drum dan menjadi co-producer di EP Purwarupa ini.

Yoon Bomi Apink Pacaran dengan Produser Rado Selama 7 Tahun

"EP ini merupakan rangkuman dari lagu-lagu yang pernah gw tulis,” ucap Ravi Andika. 

Lirik dan notasi di setiap lagu ini akan menyiratkan persona Ravi Andika, walau kadang tidak terlalu eksplisit. Dan persona itu menjadi benang merah yang menguatkan, kelima lagu ini merupakan bagian integral dari EP Purwarupa.

Ilustrasi Putus Hubungan

Photo :
  • pixabay

Alur di EP Purwarupa ini terasa seperti linimasa dari perjalanan musikal Ravi Andika, dengan setiap lagu sebagai penanda masanya. Ia coba mengeksplorasi lagu ke lagu di EP Purwarupa dengan tanpa terdengar mencoba terlalu keras, atau menghilangkan identitas Ravi Andika dan dengan rasa yang personal.

Sepintas lagu-lagu di EP Purwarupa ini mempunyai makna yang sederhana, sebatas selebrasi kebahagian, kehilangan dan pengorbanan, namun bagi Ravi lebih dari itu. Di sana ada konflik yang rumit, relasi yang skeptikal, Elaborasi kepongahan, momen pra-kehilangan sampai pengorbanan. 

Ravi Andika membuka dirinya bagi setiap yang dirudung keresahan untuk berbagi beban. Dengan notasi dan ketukan yang mengajak untuk bangkit, lagu ini memang tampaknya dirancang untuk menutup EP PURWARUPA ini dengan perayaan kecil.

EP Purwarupa ini bukan merupakan prototipe coba-coba dalam rangka menguji pasar, tapi merupakan pengalaman sensorik yang vmengombang-ambing namun ditutup dengan suka cita.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya