Kompak, Virzha dan Ello Bongkar Lagu Dewa 19 yang Paling Sulit Dibawakan

Konser Dewa-19 di Medan.
Sumber :
  • B.S Putra/ VIVA.

VIVA Showbiz – Dewa 19 adalah salah satu band legendaris di Indonesia karena masih aktif manggung sampai saat ini. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya lagu mereka yang populer di kalangan masyarakat. Selain itu, mereka juga memiliki penggemar di seluruh penjuru Indonesia. 

Berkarya dengan Cinta, Terry Persembahan Lagu Istimewa dalam Hawa Surga

Selain itu, beberapa waktu lalu dua vokalis Dewa 19, Ello dan Virzha, mengungkapkan beberapa lagu yang paling sulit dinyanyikan. Ello mengatakan, Kirana adalah salah satu lagu Dewa 19 yang paling rumit bila dilihat dari segi lirik dan notasi lagu. 

“Saya Kirana. Liriknya susah. Biasanya kan verse, chorus, verse, chorus, bridge. Ini enggak ada. Harus tahu banget bagiannya dimana," kata Ello kepada awak media beberapa waktu lalu.

SMASH Anniversary ke-14 Penampilannya Bikin Kaget Fans, Bisma: Kami Tidak Tenggelam

Dewa 19

Photo :
  • ist

Lirik lagu Kirana yang masuk ke dalam album Pandawa Lima menurut Ello mempunyai kosa kata sulit dan tidak umum. Namun, ia mengakui lagu tersebut memang mempunyai kualitas yang tinggi. 

BIG RECORDS ASIA dan JQ COMPOSEY Rilis Lagu Selamat Lebaran by CEVKEVIN, Tonjolkan Vibes Indie Band

"Dan liriknya juga enggak umum. Itu paling susah, tapi lagunya bagus," sambungnya.

Tidak ketinggalan, Virzha juga membenarkan apa yang disampaikan oleh rekannya itu. Ada beberapa part yang membuat Virzha harus ekstra lebih maksimal untuk bisa membawakan lagu tersebut. 

"Susah banget. Karena memang ya itu tadi. Part nya enggak biasa. Tiba-tiba juga ada overtone di tengah. Ya bagi vokalis, aku pribadi susah," sambung Virzha.

Selain itu, saat didapuk menjadi vokalis band Dewa 19, Virzha dan Ello sempat mengungkapkan bahwa dirinya kekhawatiran tersendiri. Virzha mengaku cukup keteteran untuk menghafal lirik lagu Dewa 19 yang sangat banyak. 

Dewa 19.

Photo :
  • VIVA/Aiz.

"(Persiapan) ngapalin lagu, karena banyak lagu-lagu Dewa yang harus dihafalkan bukan hanya sekedar hafal ya, harus ngertiin. Harus setiap hari. Sama pasti ada latihan-latihan lagi untuk menuju ke panggungnya. Nanti akan ada jadwal-jadwal untuk latihan konser. Latihan terus," ujar Virzha saat menuju konser perdana Dewa 19 tahun 2022. 

Sementara itu, Ello juga memiliki kekhawatiran serupa saat didapuk sebagai salah satu vokalis band Dewa 19. Hal yang pertama harus dilakukan adalah menghafal lagu-lagu legendaris milik Dewa 19. 

"Persiapan ya materi-materi yang harus dibawain. Yang kedua fisik ya karena mau jalan panjang. Harus sehat ya olahraga. Yang penting kita happy itu paling penting saya pengennya happy terus," jelas Ello.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya