Selain Dewa 19, Ini 5 Band Bentukan Ahmad Dhani yang Populer

Ahmad Dhani
Sumber :
  • YouTube

VIVA Showbiz – Ada beberapa grup band bentukan Ahmad Dhani yang cukup populer di kancah musik Tanah Air. Ahmad Dhani sendiri dikenal sebagai musisi bertangan dingin untuk membuat sebuah karya. Apapun yang diinisiasi oleh Dhani seakan sudah pasti diminati oleh pendengar musik Indonesia. 

Iqbaal Ramadhan Bawa Vibes Jadul di Video Klip Terbaru, Netizen: Berasa di Jaman Jinny Oh Jinny

Selain Dewa 19 yang sudah melegenda, Ahmad Dhani rupanya pernah membentuk band sampingan. Beberapa di antara band tersebut juga masuk ke dalam labelnya sendiri, Republik Citra Management. Nah, untuk kamu yang penasaran soal band bentukan Ahmad Dhani, berikut ulasan selengkapnya. 

1. The Rock

Kabar Gembira Ini untuk Penggemar BTS dan Kopi

Ahmad Dhani

Photo :
  • YouTube

Ahmad Dhani bertemu dengan 3 anggota band Hospital The Musical, yaitu Clancy Alexander Tucker, Zachary Haidee-Keene, Michael Bennett di Studio 301, Sydney, Australia. Pertemuan itu berawal saat Dhani melakukan rekaman album solonya di Australia. 

Festival Pameran K-Pop Terbesar Siap Digelar 45 Hari! Musik, Film, Merchandise Ada di Sini

Dalam pertemuan tersebut, munculah ide untuk berkolaborasi dalam sebuah grup musik hingga terbentuk The Rock pada 2007. Mereka merilis album pertama yang bertajuk Master Mister Ahmad Dhani I yang mencetak single Munajat Cinta. 

2. T.R.I.A.D

Ahmad Dhani dan bassist GIGI Thomas Ramdhan

Photo :
  • Istimewa

Ahmad Dhani menggandeng Cameria Happy Pramita sebagai gitaris dan backing vocal, ices sebagai basis, Tharaz Bistara sebagai gitaris, Ikmal Tobing sebagai drummer, dan Wahyu Sudiro sebagai gitaris untuk membentuk band tersebut. 

T.R.I.A.D merilis single yang berjudul Makhluk Tuhan Paling Sexy yang sebelumnya dibawakan oleh Mulan Jameela. Kemudian band tersebut merilis single berjudul Mustapha yang diadaptasi dari lagu Queen, serta Selir Hati pada 2010. 

Grup Band Mahadewa

Photo :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

Ahmad Dhani juga sempat membentuk Mahadewa pada tahun 2011 bersama dengan Judika dan empat personel yang lain. Lagu utamanya adalah Cinta Itu Buta dan merilis album pertama pada tahun 2013 bertajuk Past to Present. Tapi, Judika memutuskan untuk hengkang tahun 2014. Posisi vokalis kemudian digantikan oleh Virzha, jebolan Indonesian Idol 2014. 

4. Ahmad Band

Pentolan band Dewa 19, Ahmad Dhani

Photo :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Ahmad Band dibentuk pada tahun 2997 saat Dewa 19 vakum. Dhani menjadi vokalis utama sekaligus gitaris, bersama dengan Andra gitaris I (gitaris Dewa 19), Pay (gitaris II), Bongky (bassist) dan Bimo (drummer). 

Namun, seiring berjalannya waktu Ahmad Band mengalami bongkar pasang personel. Sehingga saat ini band tersebut memiliki personel Ahmad Dhani, Andra Ramadhan, Stephan Santoso, Thomas Ramdhan, Yoyo Prasetyo, dan Ikmal Tobing.

5. Muhammad Dhani and the Swinger

Mulan Jameela dan Ahmad Dhani

Photo :
  • IG @ahmaddhaniofficial

Grup musik yang satu ini adalah sampingan dari Ahmad Dhani. Sekaligus memperlihatkan sisi lain dari suami Mulan Jameela ini yang juga mencintai aliran musik jazz. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya