Ahmad Dhani Akan Tempuh Jalur Hukum Jika Once Mekel Nyanyikan Lagu Dewa 19

Ahmad Dhani
Sumber :
  • ist

VIVA Showbiz – Ahmad Dhani memberi peringatan tegas kepada Once Mekel apabila masih nekat membawakan lagu-lagu Dewa 19 di atas panggung. Dhani siap menempuh jalur hukum jika Once melanggar aturan yang dibuatnya itu. 

Terpopuler: Pernikahan Anak Andra Ramadhan sampai Celine Evangelista Berangkatkan Umrah Karyawannya

Seperti yang dijelaskan oleh kuasa hukum Ahmad Dhani, ada sanksi pidana untuk Once Mekel jika memaksa menyanyikan lagu Dewa 19. Sanksi seperti apa? Scroll selanjutnya ya.

"Tentu kalau berdasarkan undang-undang, ada konsekuensi baik itu perdata ataupun pidana," ujar Ali Lubis, di kawasan Pluit, Jakarta Utara, Selasa 28 Maret 2023.

Anak Andra Ramadhan Resmi Menikah, Ahmad Dhani Jadi Saksi

Ketentuan pidana itu tertuang dalam Undang-Undang tentang Hak Cipta yaitu Pasal 113 UU RI No. 28 Tahun 2014. UU tersebut mengatur tentang rincian sanksi bagi pihak yang melanggar hak ekonomi pencipta karya dalam ketentuan Pasal 9 ayat (1).

Maliq & D’Essentials hingga Dewa 19 Hibur Ribuan Penonton di Soul Intimate Concert 2.0

Sementara untuk tuntutan perdata, Once Mekel bisa diminta membayar ganti rugi dalam jumlah yang sangat besar.

"Kalau misalnya dia (Once) melanggar Pasal 9 ayat (1) huruf C,D,E, dan H, itu pidananya tiga tahun. Itu dendanya sekitar kurang lebih Rp500 juta. Kalau dia melanggar ketentuan Pasal 9 ayat (1) huruf A,B,E dan G, itu paling lama empat tahun dan dendanya Rp1 miliar," jelas Ali Lubis.

Dewa 19

Photo :
  • ist

"Untuk sanksi perdata, sekitar Rp500 juta sampai Rp1 miliar," sambungnya.

 Ahmad Dhani menyatakan Once Mekel dilarang membawakan lagu-lagu Dewa 19 meski merupakan mantan vokalisnya. Ketentuan itu diambil oleh Ahmad Dhani mengingat saat ini Dewa 19 sedang mengadakan tur konser di beberapa daerah.

Hubungan Ahmad Dhani dan Once Mekel telah retak sejak Dewa 19 menggelar konser di Jakarta Internasional Stadium (JIS) pada 4 Februari 2023 lalu. Saat itu, Dhani mengungkapkan, ada satu pihak yang meminta bayaran lebih besar dari pada kesepakatan mereka di awal. Meskipun tak menyebutkan nama, banyak yang menduga bahwa orang yang dimaksud adalah Once.

Once Mekel

Photo :
  • IG @oncemekelofficial

Meski melarang Once Mekel membawakan lagu Dewa 19 dengan alasan ingin melindungi hak eksklusif promotor yang menaungi konser Dewa 19 di 2023 ini, Dhani masing mengizinkan Once menyanyikan lagu ciptaannya yang lain sepeti yang dibawakan oleh T.R.I.A.D atau Ahmad Band.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya