Jadi Tren Baru, Kreasi Genre Konten Audio Makin Variatif

Ilustrasi media sosial/konten digital.
Sumber :
  • Freepik

VIVA Showbiz – Potensi pertumbuhan konten kreator di Indonesia kian meningkat. Berdasarkan data yang dilansir, nilai pasar industri konten kreator di Indonesia bisa mencapai hingga Rp7 triliun dan diprediksi meningkat 5 kali lipat pada 2027.

Punya Audio Mobil Bagus Tidak harus Mahal

Hal ini sejalan dengan data internal dari platform konten audio lokal Noice yang mencatat pertumbuhan konten kreator yang berkarya di aplikasi tersebut secara signifikan. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

Saat ini sudah ada hampir 4,000 kreator dengan user-generated-contents (UGC) yang tergabung di Noice dimana angka ini belum termasuk jumlah kreator yang mempunyai konten original & eksklusif.

Heboh Soal Film Kiblat, Ustaz Adi Hidayat: Jangan Bertentangan dengan Moral

Dan pada Kamis 30 Maret 2023, Noice pun resmi menghadirkan Noicemaker+, program khusus yang membuka kesempatan luas bagi kreator se-Indonesia untuk tumbuh dan hidup dari karya mereka.

Dilarang Tayang di Bioskop, Begini Tanggapan Ustaz Adi Hidayat Soal Film Kiblat

“Sesuai dengan komitmen kami untuk mengembangkan ekosistem konten audio yang berkualitas di Indonesia, Noice menghadirkan program Noicemaker+ untuk mendukung para kreator dalam berkarya dengan mudah, nyaman, produktif sekaligus menguntungkan," .

"Program Noicemaker+ terdiri dari beragam fitur, dukungan exposure hingga skema monetisasi yang telah kami siapkan sedemikian rupa untuk membuat para kreator yang memproduksi karya di Noice lebih semangat dan berdaya karena mereka bisa terkoneksi dengan kreator dan public figure lainnya, tumbuh secara positif, bahkan hidup dari karya
mereka sendiri,”
kata Niken Sasmaya, Chief Business Officer (CBO) Noice.

Kreator UGC sendiri adalah sebutan bagi para kreator yang menghadirkan kontennya di berbagai platform, termasuk Noice.

Ribuan kreator UGC yang menghadirkan karyanya di Noice saat ini telah memproduksi lebih dari 4 juta menit durasi konten dengan genre yang paling banyak dihadirkan adalah hiburan komedi atau entertainment, disusul dengan edukasi dan konten seputar masyarakat & budaya.

Kebanyakan dari mereka adalah Gen-Z & millenials yang berusia 18-34 tahun, serta datang dari berbagai daerah di Indonesia, dengan dominasi dari pulau Jawa.

Di sisi lain, jumlah pengguna Noice sendiri mengalami peningkatan pesat dimana saat ini telah ada lebih dari 5 juta pengguna se-Indonesia.

Noice juga mencatat kebiasaan pendengar dalam menikmati konten pun mulai berubah perlahan terutama sejak tahun 2022 dimana masyarakat mulai banyak yang aktif untuk berkegiatan di luar rumah saat pandemi mulai mereda.

Waktu pengguna paling banyak mendengarkan konten di aplikasi Noice mengalami peningkatan signifikan per tahun 2022 pada pukul 05.00 pagi hingga 12.00 siang, dibanding pada tahun 2021.

Peningkatan ini mengindikasikan waktu dimana pengguna sedang berada pada jam aktif beraktivitas di kantor ataupun sekolah/kampus.

Pemberdayaan Kreator Lewat Ragam Fitur & Skema Monetisasi
Program Noicemaker+ memberikan kemudahan bagi tiap kreator untuk mengembangkan konten mereka di aplikasi Noice.

Bagi para kreator yang telah memasukkan konten mereka di aplikasi Noice melalui platform studio.noice.id, mereka akan mendapatkan undangan terbatas atau wajib mendapatkan 20 subscribers terlebih dahulu di konten mereka untuk memenuhi persyaratan sebelum mengakses program Noicemaker+.

Jika syarat sudah terpenuhi, program Noicemaker+ akan aktif dan fitur monetisasi terbuka seluruhnya bagi kreator tersebut dengan icon N+ tertera di akun mereka sebagai penanda.

Setelah tergabung ke dalam program Noicemaker+, kreator nantinya akan terbagi menjadi 2 kategori yakni podcaster dan livecaster.

Podcaster merupakan kreator yang berkarya melalui konten podcast, sedangkan Livecaster merupakan kreator yang berkarya melalui fitur Noice Live dengan membuka sesi live di Noice secara rutin.

Di Noice, kreator bisa meraih keuntungan dan memonetisasi konten mereka dengan cara:

? Menghadirkan podcast dengan VIP Episode: kreator dapat membuat episode spesial yang terkunci dan bisa didengarkan dengan membeli konten tersebut di dalam aplikasi menggunakan Noice Coins.

Noice Coins adalah alat tukar yang bisa digunakan oleh para pendengar Noice untuk membeli konten premium danmemberikan hadiah virtual (Virtual Gifting) sebagai bentuk loyalitas dan apresiasi
mereka kepada para kreator.

? Dengerin-Duluan Episode: Dengerin-Duluan Episode adalah early-access episode yang bisa didengarkan terlebih dulu oleh para pendengar Noice menggunakan Noice Coins. Jenis konten ini sangat diminati bagi pendengar yang sangat menantikan episode terbaru dari konten podcast favorit mereka.

? Virtual Gifting di Noice Live: Kreator bisa mendapatkan keuntungan dari hadiah virtual (Virtual Gifting) yang diberikan oleh pendengar.

? Membuka room Noice Live VIP: kreator dapat membuka live room di Noice Live dengan topik atau special guest dan menjual tiket kepada pendengar untuk bisa mendengarkan sesi tersebut.

Para kreator yang tergabung dalam Noicemaker+ juga akan diberikan dukungan promosi berdasarkan performa konten mereka melalui media sosial, halaman tematik di dalam aplikasi, in-app discoverability, segmen konten, website khusus kreator di creators.noice.id, kolaborasi bersama kreator lainnya, hingga iklan di berbagai saluran promosi Noice.

Tak hanya itu, kreator-kreator juga berkesempatan untuk berpartisipasi dalam berbagai kegiatanyang Noice hadirkan seperti Creator’s Gathering, Noicemaker Academy, dan banyak lagi.

Di sisi lain, Noice mendukung para kreator untuk bisa melakukan promosi secara mandiri terhadap karya mereka untuk bisa menjangkau audiens yang lebih luas lagi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya