Kata Marcell Siahaan Soal Royalti Lagu Antara Ahmad Dhani dengan Once

Marcell Siahaan
Sumber :
  • ist

VIVA Showbiz – Sebagai Duta Lembaga Manajemen Kolektif Nasional (LMKN), Marcell Siahaan ikut berkomentar soal kisruh Ahmad Dhani dan Once Mekel. Menurutnya, hal ini berkaitan dengan etika dan hukum yang tidak tertulis.

Terpopuler: Pernikahan Anak Andra Ramadhan sampai Celine Evangelista Berangkatkan Umrah Karyawannya

"Kalau masalah polemik ini balik lagi, ini masalah etika. Sebetulnya lebih kepada hukum yang nggak tertulis," ujar Marcell saat ditemui di Hotel JS Luwansa, Jakarta Selatan, Kamis, 6 April 2023.

Lantas bagaimana pendapatnya lebih lanjut tentang hal ini? Scroll lebih lanjut ya.

Anak Andra Ramadhan Resmi Menikah, Ahmad Dhani Jadi Saksi

Menurut Marcell Siahaan, inti permasalahan tersebut karena Ahmad Dhani dan Once Mekel yang pernah tergabung dalam satu band. Once sebagai mantan vokalis Dewa 19 menjadi sensitif, ketika tampil di panggung membawakan lagu mantan grupnya.

Maliq & D’Essentials hingga Dewa 19 Hibur Ribuan Penonton di Soul Intimate Concert 2.0

"Kita harus bedakan, rata-rata ini kemelut terjadi antara vokalis yang pernah menjadi vokalis di sebuah band," ujar Marcell.

Marcell Siahaan mengerti perasaan Ahmad Dhani. Hal ini karena band tersebut sedang mengadakan tur, namun ada seseorang yang menyanyikan lagu bandnya. Marcell Siahaan pernah mengalami hal serupa jelang konser solonya.

Diskusi Royalti Lagu

Photo :
  • ist

"Manajemen saya sudah kasih warning 'elo siap tapi ya kalau elo bikin konser paling cepat 3 bulan elo nggak boleh konser dulu di outdoor' konser publik," katanya.

Menurut Marcell Siahaan hal ini bisa selesai jika ada penyelesaian di antara mereka.

"Selesaikan saja secara kontraktual diantara mereka," ucapnya.

Ahmad Dhani

Photo :
  • Instagram @ahmaddhaniofficial

Selain itu, LMKN juga akan coba mengajukan regulasi mengenai royalti lagu. Nantinya, para Event Organizer akan diminta mengenai lagu yang akan dibawakan pada festival atau konser musik.

Rencananya, sebelum izin keramaian terbit, Eo harus melunasi royalti lagu yang akan dibawakan dalam acaranya tersebut. Lalu royalti itu akan langsung diserahkan ke pencipta atau pemilik hak cipta lagu tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya