Ikuti Jejak Ahmad Dhani, Rieka Roslan Larang The Groove Bawakan Lagu Ciptaannya

Rieka Roslan
Sumber :
  • Instagram Rieka Roslan

VIVA Showbiz – Penyanyi Rieka Roslan belum lama ini melarang The Groove menyanyikan lagu ciptaannya. Pelarangan tersebut sudah dilayangkan oleh Rieka Roeslan secara langsung, termasuk kepada perkumpulan Wahana Musik Indonesia (WAMI).

Ekspansi Perusahaan Musik Terkemuka Asia Tenggara Diresmikan di Indonesia

"Pada 13 Desember 2022 saya melayangkan surat resmi pada The Groove dan WAMI yang menyatakan saya melarang The Groove membawakan lagu-lagu ciptaan saya," kata Rieka Roslan di kantor Kementerian Hukum dan HAM, Jakarta.

Rieka Roslan baju hitam

Photo :
  • VIVA/ Wahyu Firmansyah
Drama Royalti Selesai, Inara Rusli dan Virgoun Berdamai, Cabut Laporan!

Hal tersebut ia sampaikan saat berada di kantor KemenkumHAM bersama musisi lain yang tergabung dalam Komposer Bersatu untuk melakukan audiensi mengenai royalti.

Rieka Roslan mengatakan keputusan tersebut ia ambil karena The Groove tak lagi bisa satu panggung dengan dirinya. Ia bercerita mendapatkan pernyataan mengenai hal itu dari manajemen The Groove pada November 2022.

Kabar Duka Ade Paloh Meninggal Dunia

Ia sendiri keluar dari band tersebut sejak 2004, tapi masih aktif membantu featuring the Groove beberapa waktu setelahnya.

"Ada pernyataan dari manajemen The Groove pada EO, bahwa The Groove tidak bisa lagi sepanggung dengan saya, Rieka sebagai pendiri dan pencipta lagu. Pernyataan ini tanpa pemberitahuan sebelumnya. Dan membuat saya sedih, dan tidak profesional," curhat Rieka.

"Ini (pelarangan) adalah konsekuensi logis ketika The Groove tidak bisa satu panggung lagi dengan saya. Saya sudah melarang mereka membawakan lagu-lagu ciptaan saya," Rieka menegaskan.

Oleh sebab itu, ia pun ikut dengan musisi lainnya, seperti Piyu Padi, Ahmad Dhani dan masih banyak lagi untuk audiensi mengenai royalti. Menurutnya, hal itu dilakukan untuk mendapatkan hak eksklusif atas lagu-lagu yang ia tulis.

Rieka Roslan pun menekankan larangan menyanyikan lagu-lagu ciptaannya itu hanya berlaku bagi The Groove.

"Tapi ini khusus untuk The Groove, untuk penyanyi kafe atau pengamen itu tidak. Mari kita bergandeng tangan untuk menghargai hak moral kita," Rieka menegaskan.

Rieka Roslan merupakan salah satu anggota awal The Groove, bersama Reza, Yuke Sampurna, Ari, Tanto, Ali, Rejos dan Detta pada 1997. Namun, Rieka dan The Groove berpisah pada 2004.

The Groove pun vakum cukup lama hingga reuni dengan Rieka Roslan pada 2010 dengan merilis Let's Go Reunion.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya