Cara Ini Bisa Digunakan Musisi untuk Taklukan Tantangan di Era Digital

Ilustrasi konser musik.
Sumber :
  • Freepik/wirestock

VIVA Showbiz – Industri musik tidak bisa lepas dari dampak era digital yang semakin pesat. Musisi di era digital harus beradaptasi dengan perubahan-perubahan teknologi yang terus berkembang, termasuk dalam hal pemasaran karya musiknya.

Ekspansi Perusahaan Musik Terkemuka Asia Tenggara Diresmikan di Indonesia

Beberapa pihak menilai era digital sebagai pisau bermata dua. Di satu sisi mereka banyak menemukan kemudahan, di sisi lain ada berbagai tantangan yang datang. Scroll lebih lanjut ya.

Seorang musisi dapat memaksimalkan visibilitas dan eksistensi mereka dengan membawa musik mereka ke audiens yang tepat pada waktu yang tepat. Ada salah satu cara yang bisa digunakan para musisi adalah dengan menggunakan agensi digital.

Jennie BLACKPINK Difollow Camila Cabello, Bakal Kolaborasi?

Recoods adalah bagian pemasaran musik dari Perlu Agency (PT Perlu Agency Digital), sebuah lembaga Publik Relasi yang berfokus pada penciptaan merek pribadi dan penceritaan. Mereka membantu musisi memperluas jangkauan dan basis penggemar mereka pada daftar putar pemasaran untuk platform streaming seperti Spotify, Soundcloud, Apple Music, dan YouTube.

Shopee Rilis Iklan Terbaru Garansi Tepat Waktu, Dibintangi Penyanyi Kenamaan Vidi Aldiano

Salah satu layanannya termasuk membantu musisi mendapatkan daftar putar yang pada Apple Music, Spotify, dan Soundcloud. Dengan begitu, musisi mendapatkan lebih banyak pendengar dan meningkatkan keterpaparan mereka sehingga dapat terhubung dengan penggemar baru dengan disertakan dalam daftar putar pada beberapa platform.

Recoods juga menangani semua bidang berkaitan dengan promosi musik, mulai dari menerbitkan lagu di platform streaming utama hingga menempatkannya di daftar putar pilihan.

Ilustrasi musik

Photo :
  • Pixabay.com

“Ini menjadi salah satu poin yang sangat menarik yang didapatkan oleh seorang musisi ketika mereka bergabung dengan Recoods, dengan target audiens yang sesuai dengan karya yang dimiliki oleh seorang musisi maka karya tersebut akan tersampaikan baik dalam segi makna, penyampaian, ataupun instrumen musik pada audiens,” kata Head Of Music Department Recoods, Bhisma Indira melalui keterangan tertulisnya.

Beberapa mungkin menganggap hal ini tidak begitu penting, namun jika ditelaah lebih jauh hal ini akan terasa sangat berguna untuk menunjang karier seorang musisi. Dengan verifikasi, kepercayaan audiens terhadap musisi semakin meningkat. Hal ini juga akan menjadi daya tarik yang lebih bagi sebagian audiens yang mungkin belum mendengar atau melihat karya seorang musisi.

"Recoods, menjadi jembatan dalam beberapa aspek bagi seorang musisi untuk dapat terus menjaga eksistensinya di industri musik disertai dengan besarnya minat Recoods pada musik di era yang sudah sangat jauh lebih berkembang saat ini," ujar Bhisma.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya