Afgan Remake Lagu Mengertilah Kasih, Ruth Sahanaya Speechless

Afgan
Sumber :
  • IG @afgan__

VIVA Showbiz – Afgan kembali memanjakan telinga para penikmat musik lewat single terbarunya yang berjudul Mengertilah Kasih. Lagu ini merupakan remake dari judul yang sama yang dipopulerkan oleh Ruth Sahanaya pada 2002 silam.

Bikin Merinding, Momen Chen EXO Nyanyi dengan Iringan Tepuk Tangan Penggemar

Setelah 21 tahun versi aslinya dirilis, sang pencipta lagu yakni Andi Rianto menggandeng Afgan untuk membawakan kembali lagu andalannya ini. Dikenal dengan suaranya yang khas, pemilik nama lengkap Afgansyah Reza itu sukses membuat lagu Mengertilah Kasih, seperti lagu baru dengan warna yang berbeda. Yuk, scroll untuk info lengkapnya.

Di sisi lain, Afgan sendiri pernah menyatakan pada Andi Rianto bahwa dirinya ingin sekali membawakan lagu Mengertilah Kasih. Alasannya, karena ia menyukai lagu tersebut sejak kecil dan ibundanya juga mengidolakan Ruth Sahanaya.

Sukses buka Saranghaeyo Indonesia 2024, Xiumin EXO: Suasanya Lebih Panas ya, Saya Keringetan!

"Lagu Mengertilah Kasih menginspirasi aku dari kecil. Semoga aku bisa menginspirasi generasi yang baru untuk menyukai dan meng-cover lagu tersebut sesuai dengan versi mereka sendiri. Di satu sisi, Mengertilah Kasih adalah lagu yang grande dan aku sudah tidak sabar untuk segera membawakan lagu ini secara live lengkap dengan orkestra,” ucap Afgan, dalam acara konferensi pers perilisan lagu Mengertilah Kasih, di Pacific Place Mall, Jakarta, Rabu 17 Mei 2023.

Mirip Karakternya, Intip Rahasia Kulit Kalem Afgan

“Proses rekaman lagu sampai syuting video klip pun menyenangkan, dan aku bersyukur bisa bekerja sama dengan salah satu maestro terbaik di Indonesia seperti Andi Rianto. Kami, Indonesia, bangga punya sosok sepertinya," sambungnya.

Ruth Sahanaya sebagai penyanyi aslinya pun sangat terharu hingga tak bisa berkata-kata ketika pertama kali mendengar versi Afgan ini. Bagi Ruth Sahanaya, remake lagu yang dibawakan oleh Afgan seperti mewujudkan keinginan lamanya yaitu bercita-cita ada penyanyi pria menyanyikan lagunya.

"Buat aku, ini sebenarnya salah satu kerinduan aku juga. Setiap kali, aku harapkan lagu-laguku justru dinyanyiin sama laki-laki," ujar Ruth Sahanaya lewat sambungan telepon.

Menurut Ruth Sahanaya, ketika lagu miliknya dinyanyikan oleh penyanyi pria, maka akan tercipta lagi warna suara yang baru sehingga menimbulkan perasaan yang berbeda pula. Ruth Sahanaya juga memuji keputusan Andi Rianto untuk memberikan lagu ini kepada Afgan.

"Itu menjadi suatu warna dan feeling yang baru dan suatu bunyian yang baru menurut aku. Ketika lagu ini akhirnya dipilih oleh Andi Rianto dinyanyikan oleh Afgan, itu cemerlang," ujarnya.

Ruth Sahanaya tidak bisa berkata-kata untuk mendeskripsikan betapa indah suara Afgan dalam melantunkan lagu hitnya ini. Ia terus-menerus memuji suara dan penampilan Afgan yang sangat keren dan mampu membuat lagu tersebut seperti dilahirkan kembali.

"Aku speechless. Setelah aku dengar semuanya, suaranya, napasnya, mood-nya, itu seperti dengar aku sendiri karena sama banget. Cuma bedanya ini versi cowok yang nyanyiin," tandas Ruth Sahanaya.

Saat ini, Andi Rianto tengah menjalani proyek musik yang mana, lagu-lagunya dinyanyikan ulang oleh penyanyi-penyanyi muda Tanah Air, seperti Raisa, Lyodra, dan Keisya Levronka. Sejak lama, Andi Rianto memang menginginkan Afgan untuk menyanyikan lagu Mengertilah Kasih ini. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya