Evolusi Ras Muhamad, Rilis Single Anyar Tentang Sisi Eksotis Bali

Rapper Reggae Ras Muhamad membawakan singl baru Like Summer
Sumber :
  • Maha Liarosh (Bali)

VIVA Showbiz - Rapper Reggae Ras Muhamad merilis single anyar berjudul 'Like Summer'. Karya tunggal musisi bernama asli Muhamad Egar itu dirilis di kanal YouTube Ras Muhamad pada Senin, 22 Mei 2023 pukul 16.20 WITA.

Melodi Bali Memukau New York: Navicula dan Endah N Rhesa Luncurkan Album "Segara Gunung"

Like Summer seperti mengembalikan jati dirinya setelah melalui pengembaraan saat ia mulai memutuskan tinggal di Bali. Seperti diketahui, lirik-lirik lagu yang diciptakan pria kelahiran Jakarta ini, sebelumnya dominan berkisah tentang perjalanan sufistik.

Ada kalanya, ia menyematkan lirik kritikan sosial yang digubah dalam lagunya, seperti yang ada dalam single sebelumnya, 'Bambu Keras'. Ras, dalam lagu 'Like Summer', memilih sesuatu yang funky melalui genre Afropop dan Reggae Dancehall yang jadi ciri khas bermusiknya sejak awal.

Health Ministry Warns Dengue Fever to Bali Tourists

Rapper Reggae Ras Muhamad membawakan singl baru Like Summer.

Photo :
  • Maha Liarosh (Bali)

"Ini seperti evolusi saya sebagai manusia dan personal. Ibarat seorang pelukis mereka lukis dirinya, ada sisi cerianya, Like Summer temanya lebih ke sisi romantis. Kenapa saya pilih Like Summer, ibaratnya kaya saya ngejomblo lama lah," kata Ras saat launching di Denpasar, Senin, 22 Mei 2023.

Arus Balik Lebaran, 234 Ribu Orang Diprediksi Tinggalkan Bali Melalui Bandara I Gusti Ngurah Rai

'Like Summer', kata Ras Muhamad, bisa disebut sebagai lagu wajib musim panas. Penggarapan single itu seluruh dilakukan di Bali, dengan berkolaborasi bersama band reggae Jumat Libur Soundsystem (JLS). Video klip digarap oleh Erick EST.

Keceriaan musim panas itu juga ditunjukkan kolaborasi bersama pendiri komunitas Roller Skater di kawasan Babakan Canggu, Badung, Bali. Keunikan video klip itu juga terlihat dari sudut pengambilan gambar menggunakan paramotor di atas ketinggian 120 meter.

"Itu jadi tantangan tersendiri. Saya harus terbang menggunakan paramotor didampingi pilot paramotor termuda di Indonesia, Kevin," kata Ras.

Erick EST sebagai orang di balik pembuatan video klip mengatakan, syuting mengambil lokasi di beberapa wilayah Tibubeneng dan Desa Cemagi, Badung. Sedangkan penerbangan paramotor mengambil titik di Pantai Nelayan, atau di kawasan pantai Berawa, Canggu.

Rapper Reggae Ras Muhamad membawakan singl baru Like Summer

Photo :
  • Maha Liarosh (Bali)

"Saya sendiri sudah pernah berkolaborasi dengan Ras Muhamad dan sekarang kolaborasi yang baru. Video klip sebenarnya sudah dibuat 5 bulan lalu, tapi karena ada beberapa pekerjaan dan puasa kemudian memutuskan launching hari ini," kata Erick.

Like Summer merupakan single-pemanasan untuk album terbaru Ras Muhamad yang rencana rilis Oktober 2023. Single berikutnya yang akan rilis adalah 'Sand Castles' pada Agustus 2023. Karya-karya tersebut akan dirilis oleh label Indie, Black Coral Music, label milik Ras Muhamad sendiri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya