Hatchbackz dan Eksplorasi EDM Bernuansa Etnik di Lagu Control

Grup Musik Hatchbackz
Sumber :
  • ist

JAKARTA – Fenomena EDM (Electronic Dance Music) di Indonesia semakin menambah daftar panjangnya dengan kehadiran unit musik Hatchbackz. Grup ini yang berasal dari Jakarta, merilis single terbarunya yang berjudul Control pada 8 September 2023.

Iqbaal Ramadhan Bawa Vibes Jadul di Video Klip Terbaru, Netizen: Berasa di Jaman Jinny Oh Jinny

Lagu ini disambut hangat oleh para pendengar setia Hatchbackz dan dianggap sebagai perpaduan apik antara alat musik etnik Indonesia dengan genre EDM. Scroll lebih lanjut ya.

Hatchbackz adalah kolaborasi antara tiga musisi muda, yaitu Bretya Adhi (penulis/vokal), Ruci Tijar (DJ/produser), dan Satria Indra (DJ/produser). Mereka mengawali proyek ini pada tahun 2022 pasca pandemi COVID-19. Dalam pernyataan resminya, Hatchbackz mengungkapkan bahwa Control merupakan eksperimen yang membawa sesuatu yang baru dalam industri musik Tanah Air.

Jakarta Street Jazz Festival 2024 Siap Digelar, 50 Musisi Bakal Tampil

Single ini unik karena menampilkan fusi antara Moombahton, sub-genre dari Reggaeton, dengan instrumen dan sentuhan musik dari Timur Tengah dan Indonesia. Seperti single mereka sebelumnya, We Are, yang dirilis Juli 2023, Hatchbackz mempertahankan ciri khas mereka dengan menambahkan elemen-elemen tradisional.

Festival Pameran K-Pop Terbesar Siap Digelar 45 Hari! Musik, Film, Merchandise Ada di Sini

"Setelah single kita yang pertama, kita ingin mencoba untuk membuat musik EDM yang dipadukan dengan dangdut tapi tidak menghilangkan ciri khas Hatchbackz yang selalu menggunakan instrumen tradisional Timur Tengah pada setiap lagu kami," ujar Bretya Adhi.

Mereka pun memanfaatkan alat musik etnik khas Indonesia seperti Serunai dari Nusa Tenggara Barat dan Suling dari Bali. Pemakaian instrumen-instrumen ini tidak hanya memberi nuansa lokal tapi juga menambah kedalaman emosional pada lagu. Control adalah sebuah lagu yang berbicara tentang bagaimana musik dapat mempengaruhi kita untuk mengikuti irama dan membiarkan setiap melodinya menggerakan tubuh kita.

Grup Musik Hatchbackz

Photo :
  • ist

Single kedua Hatchbackz, Control, kini sudah bisa diakses melalui berbagai platform musik digital. Grup ini juga telah merilis video lirik yang dapat disaksikan di saluran YouTube resmi mereka, mulai 20 September 2023.

Pasca peluncuran single ini, Hatchbackz berencana untuk terus mengembangkan musik mereka, memanfaatkan potensi dari alat musik tradisional Indonesia, dan menciptakan karya-karya yang inovatif serta berdampak. Single Control diharapkan menjadi batu loncatan untuk keberhasilan lebih besar di masa depan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya